Rektor UIN Lampung Berbagi Pengalaman Pengelolaan Kampus Pada Lokakarya Kampus Hijau

Rektor UIN Lampung Berbagi Pengalaman Pengelolaan Kampus Pada Lokakarya Kampus Hijau

--

YOGYAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID – Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z PhD, berbagi pengalaman tentang pengelolaan kampus hijau pada sesi sharing knowledge dalam acara Lokakarya Infrastruktur dan Lingkungan kampus dengan tema ‘kampus Hijau sebagai Implementasi Lingkungan Berkelanjutan’ di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Kamis 28 Juli 2022.

Rektor mengungkapkan berbagai langkah dan upaya yang telah dilakukan dalam mengelola kampus UIN Raden Intan Lampung, sehingga bisa memperoleh peringkat 8 Kampus Hijau berkelanjutan se-Indonesia.

 “Berbagai upaya telah kami lakukan untuk menciptakan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, mulai dari sistem pengelolaan air sampai penggunaan sumber energi terbarukan” papar Rektor.

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, BPBD Tulang Bawang Ingatkan Warga Potensi Bencana di 36 Kampung

Kampus UIN Raden Intan yang terletak di Kecamatan Sukarame dengan luas lahan kurang lebih 45 hektar, memiliki 8 kolam buatan (embung) dan 8000 lubang resapan biopori untuk menjaga ketersediaan air, sehingga pada saat musim hujan tidak kebanjiran dan pada saat musim kemarau tidak kekeringan.

Selain itu UIN Raden Intan Lampung juga merupakan Perguruan Tinggi pertama yang menerapkan ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan.

Di bidang Infrastruktur, UIN Raden Intan Lampung juga telah memiliki gedung yang didesain ramah lingkungan dan hemat energi.

BACA JUGA:Anggota Satgas Brimob Damai Cartenz Polri Tembak TNI Kodim 1715/ Yahukimo, Kapenrem Ungkap Kondisi Korban

“Tentu saja keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen bersama seluruh warga kampus, dan kami akan terus berkomitmen melanjutkan capaian-capaian ini guna masa depan lingkungan yang lebih baik,” pungkas Rektor.

Lokakarya yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) dan UI Green Metric World University Rangkings ini, diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan menghadirkan pembicara-pembicara yang berkompeten dibidang lingkungan.

Sejak tahun 2018, UIN Raden Intan Lampung mengikuti pemeringkatan sebagai kampus berkelanjutan (kampus hijau) yang diselenggarakan oleh UI Green Metric World University Rangkings sebuah lembaga pemeringkat dunia di bidang lingkungan berkelanjutan, dan peringkat UIN Lampung selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

Dimulai sebagai peringkat 18 pada tahun 2018, meningkat menjadi peringkat 11 pada tahun 2019, peringkat 10 pada tahun 2020 dan menjadi peringkat 8 kampus hijau berkelanjutan se- Indonesia pada tahun 2021. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: