4 Tanda Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Ketika Bangun Tidur

4 Tanda Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Ketika Bangun Tidur

"Oleh karena itu, otot dan jaringan lain mengirim pesan 'lapar', mencoba mendapatkan lebih banyak energi ke dalam tubuh," lanjutnya.

3. Sakit Kepala

Dokter mengingatkan, sakit kepala yang terus-menerus di saat bangun tidur bisa menjadi gejala tumor otak. Setiap orang pernah merasa sakit kepala di beberapa titik.

BACA JUGA:Cara Mengurus Dispensasi Nikah Anak Dibawah Umur

Ahli neuro onkologi di Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK) Lauren Schaff, menuturkan tumor otak tidak akan hadir dengan satu sakit kepala tunggal yang berlangsung selama beberapa jam dan tidak pernah kembali.

"Juga, banyak orang menderita gangguan sakit kepala primer di mana mereka sering mengalami sakit kepala. (Saya khawatir) ketika ada jenis baru, sakit kepala parah memburuk dalam frekuensi atau intensitas tertentu terutama jika disertai dengan gejala neurologis lainnya," urainya.

4. Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi pada pagi hari dapat menjadi tanda resistensi insulin. Fenomena fajar, pun disebut efek fajar, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan gula darah (glukosa) pagi hari yang abnormal.

"Biasanya antara pukul 02.00 hingga 08.00 pada penderita diabetes," ucap seorang dokter M Regina Castro.

BACA JUGA:Bahaya Terlalu Sering Bermain HP, Bisa Juling hingga Picu Kebutaan

Beberapa peneliti meyakini pelepasan alami dari hormon kontrapengaturan (termasuk hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon dan epinefrin) meningkatkan resistensi insulin, menyebabkan gula darah meningkat.

Gula darah pagi yang tinggi pun dapat disebabkan oleh insulin yang tidak mencukupi pada malam sebelumnya, dosis obat antidiabetes yang tidak mencukupi, atau konsumsi makanan ringan karbohidrat sebelum tidur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: