Jadi Inspektur Upacara, Gubernur Lampung : Pulih Cepat, Bangkit Kuat

Jadi Inspektur Upacara, Gubernur Lampung : Pulih Cepat, Bangkit Kuat

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77--

BACA JUGA:Densus 88 Bergerak, Tangkap Terduga Teroris di Jakarta, Sumatera Selatan dan Jambi

"Kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kita harapkan," tambahnya.

Secara nasional Presiden menegaskan inflasi berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen.

Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp106 triliun. Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, subsidi LPG, dan subsidi listrik, sebesar Rp502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

BACA JUGA:Anggun Berkebaya saat Sidang Tahunan, Ini Makna Batik yang Dipakai Puan Maharani

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022 ini.

Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun.

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi   dunia  yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju," katanya.

Lebih lanjut, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat secara umum menunjukkan bahwa data tingkat Kemiskinan Provinsi Lampung mengalami penurunan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:LSI Denny JA: Airlangga Sosok Capres Kuat dari KIB

Penurunannya, dari 12,76 persen Maret 2021 menjadi berada pada level 11,57 persen di bulan Maret 2022 atau menurun 81 ribu jiwa orang miskin; Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2022 yang tercatat sebesar 4,31 persen, yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada Agustus 2021 yang sebesar 4,69 persen.

Data tersebut telah memberi gambaran adanya perbaikan kualitas hidup masyarakat Lampung secara umum.

"Alhamdulillah pada saat Covid-19 kemarin Provinsi Lampung berhasil membuat inovasi, sehingga selama 3 tahun terakhir sampai tahun 2022 ini sudah 77 (tujuh puluh tujuh) penghargaan kita raih bersama," jelasnya.

Gubernur Arinal melanjutkan, bahwa Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, menekankan pada pidato kenegaraannya, bahwa Indonesia memiliki banyak kekuatan dan peluang yang besar, kemudian kita memiliki kesempatan yang besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: