Kemendikbud Ristek Segera Tunjuk Plt Gantikan Karomani

Kemendikbud Ristek Segera Tunjuk Plt Gantikan Karomani

Inspektur Investigasi Itjen Kemendikbudristek Lindung Sirait memberikan keterangan terkait penangkapan Rektor Unila.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kemendikbud Ristek segera tunjuk pengganti Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani yang tersandung kasus OTT penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri oleh KPK pada Jumat 19 Agustus 2022, lalu.

Penunjukan pengganti Rektor Unila dinyatakan oleh Inspektur Investigasi Itjen Kemendikbud Ristek Lindung Saut Maruli Sirait yang juga ada dalam konfrensi pers bersama KPK, Minggu 21 Agustus 2022.

Saut mengatakan, Kemendikbud Ristek akan segera mengambil kebijakan untuk pengisian jabatan pemimpin Universitas Lampung (Unila) yang kosong. 

"Dengan kasus ini, mau tidak mau pimpinan kementerian harus segera mengambil kebijakan karena tidak boleh ada kekosongan," kata Lindung.

BACA JUGA:Ada yang Sadar? Rektor Jadi Tersangka OTT KPK, Akun IG Resmi Unila Like Video Penetapan Tersangka

Ia menyebutkan, kemungkinan jabatan kosong tersebut akan di-Plt. kan. Dan Menteri Nadiem Anwar Makarim sendiri yang bakal menunjuk pengantinnya. 

"Kemungkinan nanti akan di Plt. kan. Itu akan dikeluarkan kebijakan oleh mas menteri pendidikan," ujar Lindung.

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan Rektor Unila, Prof. Karomani sebagai tersangka kasus suap proses penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Unila tahun 2022, Minggu pukul 05.30 WIB.

Prof. Karomani ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Di antaranya Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Heryandi (HY), Ketua Senat Unila Muhammad Basri (MB), dan pihak swasta Andi Desfiandi (AD).

BACA JUGA:Ini Pasal yang Disangkakan Kepada Rektor Unila

KPK juga menyinggung ketidak terbukaan nilai yang diberikan pada saat penerimaan jalur mandiri Universitas Lampung, menjadi sah satu alasan penelusuran itu ada. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: