Heboh, Desa Kutuh Pandawa Didaulat Menjadi Desa Anti Korupsi di Indonesia

Heboh, Desa Kutuh Pandawa Didaulat Menjadi Desa Anti Korupsi di Indonesia

Desa Kutuh Pandawa, Desa Anti Korupsi wilayah Jawa dan Bali. (SS YouTube KPK)--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kutuh merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Selatan, Bali.

Memiliki nilai filosofi yang sangat kuat, kata 'Ku' berarti kuat, dan 'Tuh' berarti utuh yang diharapkan tak akan tergerus oleh perubahan zaman.

Desa Kutuh juga disebut sebagai Desa Adat Tua, memiliki ciri khas tempat ibadah Pure dengan konsep Patmabuana.

Sempat dikenal sebagai wilayah yang dulunya merupakan desa miskin, kini Desa Kutuh kini telah bangkit dengan nol kemiskinan di dalamnya.

BACA JUGA:Foto Brigadir J Setrika Baju Sekolah Anak Ferdy Sambo Ramai Dibahas Warganet

Kepala Desa Kutuh I Wayan Mudana mengungkapkan alasan desa yang dulunya disebut desa miskin, kini sudah ada perubahan terutama pendapatan masyarakat.

“Seiring waktu kami melakukan sebuah komitmen bersama, dengan tokoh-tokoh untuk membangun perlahan-lahan, sehingga di tahun 90-an dan di awal tahun 2000-an, kami sudah ada perubahan dari pendapatan perkapita masyarakat, termasuk juga kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Desa Kutuh I Wayan Mudana.

Seiring dengan perkembangan zaman dan digitalisasi, Desa Kutuh kini menjadi Desa yang memiliki tata kelola pemerintahan yang bebas dari korupsi.

Bahkan, baru-baru ini muncul informasi Desa Anti Korupsi yang ternyata adalah Desa Kutuh, dilansir dari kanal resmi YouTube KPK, yang diunggah pada 22 Agustus 2022.

BACA JUGA:Warganet Geram, Data Milik Pelanggan Indihome Kembali Bocor

Melalui sektor pantai Pandawa dan budidaya rumput laut, penduduk Desa Kutuh kini mampu menaikkan pendapatan perkapitanya.

Pada tahun 2017, Desa Kutuh menerima penghargaan dan menjadikannya peringkat pertama desa dengan tata kelola pemerintahan terbaik untuk wilayah Jawa dan Bali.

Desa Kutuh menjadi salah satu contoh dari 10 desa dalam percontohan desa anti korupsi.

Hal lain yang menjadi alasan Desa Kutuh terpilih menjadi Desa Anti Korupsi, dijelaskan oleh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Kumbul Kuswidjanto Sudjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: