Way Samang Meluap, Sejumlah Rumah di Lampung Barat Terendam Banjir

Way Samang Meluap, Sejumlah Rumah di Lampung Barat Terendam Banjir

FOTO DOK. RADAR LAMBAR - Way Samang meluap, sejumlah rumah di Lampung Barat terendam banjir. --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah hulu Way Samang, menyebabkan debet air meningkat dan meluap serta merusak tanggul di beberapa Pekon yang ada di Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Kabupaten Lampung Barat, pada Senin 29 Agustus 2022.

Akibatnya, banjir masuk ke permukiman penduduk dan menyebabkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum seperti jalan terendam banjir. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, banjir terjadi di Pekon Tanjungsari dan Srimulyo, dengan ketinggian selutut orang dewasa. 

Camat BNS Mandala Harto mengungkapkan, pihaknya masih terus memantau prihal banjir yang terjadi, dan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan apakah ada warga yang harus diungsikan atau tidak.

"Kami masih terus memantau banjir yang terjadi akibat tanggul Way Samang di Pekon Tanjung Sari jebol tersebut, semoga hujan di wilayah hulu bisa berhenti sehingga debit air bisa surut," ungkap Mandala.

BACA JUGA:Longsor, Jalan Provinsi Penghubung Tanggamus-Lampung Barat Terputus

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Mekal Novisa mengungkapkan, banjir yang terjadi di wilayah itu disebabkan tingginya curah hujan yang mengguyur sebagian wilayah.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang terendam sebab saat ini dilokasi hujan masih terus mengguyur beberapa wilayah sehingga menyulitkan untuk melakukan asesment terhadap bencana yang terjadi.

"Untuk data terkait berapa rumah atau kebun milik warga yang terdampak belum bisa kita lakukan secara maksimal karena kondisi hujan yang masih terjadi, tim juga sudah bersiaga di lokasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan," singkat Mekal mewakili Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Prio Utomo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: