125 CJH Ikuti Manasik Haji Sepanjang Tahun Kemenag Tulang Bawang

125 CJH Ikuti Manasik Haji Sepanjang Tahun Kemenag Tulang Bawang

Kemenag Tulang Bawang melaksanakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun. (Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 125 calon jamaah haji (CJH) mengikuti bimbingan manasik haji sepanjang tahun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tulang Bawang di Aula Hotel Sarbini, Menggala, Rabu 31 Agustus 2022.

Bimbingan manasik haji sepanjang tahun dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang Hi. Sanusi.

Dalam kesempatan ini, Sanusi berharap para CJH yang mengikuti manasik dapat diberangkatkan pada musim haji Tahun 2023.

Dengan mengikuti bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini, Kepala Kantor Kemenag berharap para jamaah dapat lebih memahami dan mengerti apa saja hal-hal penting dalam pelaksanaan ibadah haji.

BACA JUGA:Zero Accident, Pangkoopsud 1 Tutup Latihan Tempur Jalak Sakti 2022

"Sehingga para jamaah nanti bisa menjadi haji yang mandiri," kata Sanusi.

Dijelaskannya, mandiri yang dimaksud yakni para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji tanpa bantuan orang lain. 

"Artinya jika suatu saat terpisah (dari rombongan), mereka tetap dapat menyelesaikan ibadah secara sempurna. Tidak terpaku kepada orang lain," terangnya.

Sanusi menerangkan, kegiatan manasik akan dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan dengan harapan saat pelaksanaan ibadah haji para jamaah telah siap mental, fisik, dan kesehatan.

BACA JUGA:Tok! DPRD Tulang Bawang Setujui Perubahan APBD 2022

Manasik haji, kata Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang, bertujuan untuk mengasah, mengolah dan melatih jamaah agar siap dan betul-betul memahami pelaksanaan ibadah haji.

Pada bagian lain, Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang mengaku bersyukur karena pada musim haji tahun ini para jamaah dapat berangkat dan pulang dalam keadaan sehat tanpa kurang sedikitpun.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tulang Bawang Zainal Arifin mengatakan, jumlah jamaah yang mengikuti kegiatan sebanyak 125 orang.

Menurutnya, para jamaah yang mengikuti bimbingan manasik haji sepanjang tahun adalah CJH yang akan berangkat pada musim haji Tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: