Gajah Datang, Padi Siap Panen di Lampung Barat Jadi Sasaran

Gajah Datang, Padi Siap Panen di Lampung Barat Jadi Sasaran

Belasan ekor gajah merusak tanaman padi yang mulai berbuah di Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. FOTO DOKUMEN SATGAS PENANGANAN GAJAH --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Belasan ekor gajah merusak tanaman padi yang mulai berbuah di Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Peristiwa itu terjadi dalam dua malam terakhir.

Peratin Sukamarga Jaimin mengatakan, kawanan gajah yang berjumlah 18 ekor menyerang tanaman padi pada Minggu dan Senin malam, 4-5 September 2022. 

"Kawanan gajah ini selain menginjak-injak, juga memakan tanaman padi tersebut. Akibatnya banyak yang mengalami kerusakan yang tentunya menyebabkan kerugian bagi warga pemilik sawah," kata Jaimin yang juga salah satu pemilik sawah, Selasa 6 September 2022.  

Dilanjutkan, untuk luas lahan yang dirusak kawanan gajah tersebut mencapai sekitar lima hektare. 

BACA JUGA: Kasus Obstruction of Justice, Ini Pelanggaran yang Dilakukan Kombes Agus Nurpatria

”Mungkin kalau tidak dijaga atau dilakukan blokade dan pengusiran dalam dua malam terakhir, bisa habis semua tanaman padi yang siap panen tersebut," tegasnya.

Serangan gajah tersebut, terus Jaimin, terjadi pada malam hari. Saat siang, kawanan gajah terpantau di dalam semak belukar.

Begitu sore, kawanan hewan berbelalai memasuki perkebunan. Lantas bergeser memasuki areal persawahan.

"Sejak kejadian kemarin, Satgas bersama masyarakat melakukan blokade dan pengusiran kawanan gajah tersebut. Jangan sampai tanaman padi yang memang dinantikan oleh masyarakat sebagai salah satu sumber penghasilan, justru tidak bisa dipanen," tandasnya.

BACA JUGA: Hati-Hati! Penipuan Link Palsu Pendaftaran Bansos

Diketahui, kawanan gajah tersebut masih enggan menjauh dari sekitar kawasan wisata Kawah Nirwana. Berbagai upaya telah dilakukan Satgas untuk menggiring kawanan gajah. (*)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: