Pemprov Kebut Persoalan Hibah Lahan untuk Sport Center

Pemprov Kebut Persoalan Hibah Lahan untuk Sport Center

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto.-Foto Ist. For Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali disebut Pemprov Lampung telah menyetujui pemindahan GOR Saburai ke Sport Center.

Dengan demikian, Pemprov Lampung mempercepat proses hibah lahan untuk proses pembangunan sport center.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto. "Sudah disetujui (Menpora)," kata Fahrizal singkat.

Selanjutnya, Pemprov Lampung akan mengebut soal hibah lahan seluas kurang lebih 150 hektar tersebut.

BACA JUGA:Begini Hasil Putusan PN Bekasi Terkait Polemik Universitas Saburai

Di mana, rencananya hibah lahan akan dilakukan dari PTPN 7 ke Kemenpora untuk bisa dilakukan pembangunan Sport Center.

"Tinggal kita kerjakan tahapannya. Karena nantinya kan tanah yang akan jadi lahannya ini hibah, artinya kalau dari segi perizinan sudah aman. Kemudian pembangunan nya kita bicara kan dahulu dengan pemberi hibah, yang jelas izinnya sudah ada," tambahnya.

Hal ini lebih maju dari sebelumnya, Pemprov Lampung menyebut masih menunggu persetujuan Kemenpora terkait pembangunan Sport Center. Sebelumnya juga, staff ahli Kemenpora juga hadir melihat langsung rencana tersebut.

Diberitakan sebelumnya, rencana awal lokasi Gelanggang Olahraga (GOR) Saburai direncanakan akan dibangun masjid. Karenanya Gubernur Lampung mengusulkan pemindahan GOR Saburai dengan dibangun pusat olahraga yang lebih luas di Sports Center.

BACA JUGA:Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

Namun, dalam proses pemindahannya, sesuai Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional, untuk sarana prasarana olahraga yang mau ditiadakan harus ada izin Menteri.

"Ini tidak masalah (soal izin Menteri). Karena seluruh syaratnya sudah lengkap dan lokasi baru sudah ditinjau," katanya.

Lokasi baru yang disiapkan Pemprov Lampung ialah didekat Gerbang Tol Kota Baru, Lampung Selatan. Lahan yang disiapkan sekitar 150 hektar, namun masih milik PTPN VII.

"Lahannya milik PTPN VII, akan diproses hibahnya ke Pemprov Lampung. Pasca kunjungan administrasi yang sedang di lengkapi. Tapi ini komitmen nya sudah terbangun, pak Gubernur sudah mendapatkan restu pak Presiden, sudah dibicarakan juga dengan Menteri BUMN dan PTPN VII, visinya sudah sama tinggal tahapan administrasi kita penuhi. Kami upayakan hibahnya bisa dilakukan tahun ini," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: