Cari Belas Kasihan, 2 Gelandangan Modus Nyamar Jadi Petugas Sapu Jalan

Cari Belas Kasihan, 2 Gelandangan Modus Nyamar Jadi Petugas Sapu Jalan

Foto ilustrasi petugas kebersihan. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung Budiman PM temukan oknum gelandangan modus menjadi petugas sapu jalan untuk mencari iba pengguna jalan.

Hal tersebut ditemukannya saat dirinya tengah keliling memantau kebersihan Kota Bandar Lampung. 

Ia melihat ada orang mengenakan pakaian petugas sapu jalan lengkap dengan atribut tengah duduk di trotoar dan median jalan.

Dari pengakuan petugas sapu gadungan tersebut, kata Budiman PM, mereka mendapat pakaian petugas sapu jalan dengan membeli pakaian petugas yang tidak digunakan lagi.

BACA JUGA:Software Attandance Management Sebagai Absensi Online Terpercaya

"Saya beberapa waktu lalu sudah amankan dua orang. Mereka ibu-ibu yang sudah berumur. Diamankan di seputar Sultan Agung dan Tengku Umar. Kita ambil atributnya," ujarnya, Kamis 29 September 2022.

Modus yang dilakukan petugas sapu jalan gadungan ini, menurut Budiman PM, duduk di trotoar hingga ke median jalan, untuk mencari belas kasihan dari pengguna jalan.

Para petugas gadungan tersebut memakai atribut lengkap, mulai dari seragam hingga alat kebersihan untuk menyapu jalan.

Mereka duduk di tepi jalan di saat jam-jam ramai seperti jam pulang kerja dan siang hari. Terbanyak di hari Jumat.

BACA JUGA:Ketua SPI Unila Budiono Turut Terpanggil Diperiksa Saksi di Perkara OTT

"Kita kan tahu kapan jadwal petugas sapu. Pagi dari pukul 05.00-07.00 WIB. Siang 11.00-12.00 WIB. Sore dari 15.00-16.00 WIB. Jadi kalau di luar jadwal itu mereka ada, kita curiga," ucapnya.

Usai mengamankan dua petugas kebersihan gadungan, Budiman PM melepaskan keduannya dan melakukan pembinaan untuk tidak mengulangi perbuatannya.

"Saya lakukan tindakan persuasif. Tapi kita tetap koordinasi dengan Satpol-PP Bandar Lampung untuk penertiban. Jangan sampai DLH dipandang buruk," tuturnya.

Dirinya pun meminta petugas UPT kebersihan yang ada di kecamatan untuk memperketat pengawasan kepada petugas sapu jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: