Kebakaran di SMPN Satu Atap Pringsewu Sebabkan Kerugian Ratusan Juta

Kebakaran di SMPN Satu Atap Pringsewu Sebabkan Kerugian Ratusan Juta

Hubungan pendek arus listrik diduga menjadi penyebab kebakaran di SMPN Satu Atap Pagelaran Utara, Senin 10 Oktober 2022. --

BACA JUGA: Kasus Tumpahan Minyak Milik PT PHE OSES di Perairan Lampung Jalan di Tempat

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan unit pemadam kebakaran ke lokasi. 

"Ya, tadi kita terjunkan Damkar dan personelnya," kata Edi Sumber Pamungkas. 

Pada bagian lain, Kapolsek Pagelaran Iptu Hasbullah mengungkapkan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat seadanya oleh masyarakat dan dibantu satu unit mobil  pemadam milik Pemkab Pringsewu. 

BACA JUGA: Tolong Pak! Korban Longsor di Suoh Butuh Bantuan

Sebelumnya, korsleting listrik diduga menjadi penyebab kebakaran di kediaman Yuli Setiawan (35), warga Pekon Sidodadi, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu.

"Dugaan sementara, karena korsleting listrik dari salah satu stop kontak yang ada di kamar depan," kata Kapolsek Pardasuka Iptu Jumbadiyo mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Kamis 22 September 2022.

Saat kebakaran, rumah dalam keadaan kosong. Yuli mengetahui kediamannya terbakar setelah pulang dari berdagang di pasar Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka. 

Berdasar hasil olah TKP dan identifikasi yang dilakukan polisi, diduga api kali pertama muncul dari salah satu stop kontak yang terbakar.

BACA JUGA: Heroik, Warga Teluk Betung Gagalkan Aksi Pencurian Jelang Azan Subuh

Api kemudian membesar dan merembet ke material bangunan serta barang-barang yang ada disekitarnya. 

Iptu Jumbadiyo menuturkan, setelah menerima laporan kebakaran, pihaknya langsung menurunkan sejumlah personel ke TKP untuk membantu memadamkan api.

Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab. Pringsewu juga diturunkan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIB atau 1,5 jam setelah kejadian. 

Meski tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan rumah, kebakaran menyebabkan plafon, atap rumah, sofa, lemari plastik, pakaian, kasur dan satu unit sepeda motor anak-anak hangus. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: