Longsor di Jalan Lintas Liwa-Sukau, Hanya Bisa Satu Jalur

Longsor di Jalan Lintas Liwa-Sukau, Hanya Bisa Satu Jalur

Longsor di jalan lintas Liwa-Sukau, tepatnya wilayah Hamkatir, Pekon Bandar Baru, Kecamatan Sukau, Senin 7 November 2022. --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Longsor disertai pohon tumbang menutup jalan lintas Liwa-Sukau, tepatnya wilayah Hamkatir, Pekon Bandar Baru, Kecamatan Sukau, Senin 7 November 2022. 

Material longsor menutupi sebagian badan jalan. Sementara pepohonan yang ikut terbawa longsor menutupi badan jalan. 

Meski sebelumnya sempat macet, namun arus lalu lintas kembali lancar. Namun pengendara harus bergantian karena sebagian badan jalan masih tertutup material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo menyatakan, longsor dan pohon tumbang terjadi akibat tingginya curah hujan sejak siang hari. 

BACA JUGA: KPK Bakal Lelang Aset Agung Mantan Bupati Lampura, Minat?

“Setelah menerima laporan, Pusdalops penanggulangan bencana segera melakukan koordinasi dan mengerahkan Satgas TRC dan Satgas PB untuk melakukan penanganan kedaruratan berupa evakuasi material longsoran," kata Padang Prio Utomo. 

Langkah tersebut untuk membuka akses jalan agar dapat dilalui oleh kendaraan.

Selanjutnya, sekitar pukul 16.40 WIB arus lalu lintas sudah kembali lancar setelah ranting pepohonan berhasil dibersihkan. 

Namun pengendara diimbau tetap waspada karena jalan tersebut baru dapat diakses satu jalur.

BACA JUGA: Soal Status Guru Honor, Pemkab pesawaran Janjikan Ini

“Lalu lintas sudah lancar, namun pengendara masih harus bergantian karena sebagian badan jalan masih tertutup material longsor," ujarnya. 

Dilanjutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR agar dapat menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut.

Sementara Peratin Bandar Baru Nadirsyah Akmal yang turun ke lokasi mengatakan, longsor terjadi saat hujan deras sekitar pukul 16.00 WIB. Beruntung tidak ada pengendara yang melintas saat kejadian.

“Volume longsor tidak terlalu besar. Hanya menutupi separuh badan jalan, dan kami langsung berkoordinasi dengan Satgas PB dan masyarakat untuk dapat segera bergotong royong membersihkan longsor agar lalu lintas tidak terganggu,” sebut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: