Perpustakaan Ponpes Daarul Huffaz Pesawaran Terbakar

Perpustakaan Ponpes Daarul Huffaz Pesawaran Terbakar

Ruang perpustakaan Pondok Pesantren Daarul Huffaz terbakar, sekitar pukul 17.30 WIB, Selasa 15 November 2022. FOTO ISTIMEWA --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.IDPerpustakaan Pondok Pesantren Daarul Huffaz di Desa Bernung, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran terbakar, Selasa 15 November 2022. 

Kebakaran Perpustakaan Pondok Pesantren Daarul Huffaz yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB ini diduga akibat hubungan pendek arus listrik. 

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Irwansyah mengatakan, kebakaran diduga berawal dari korsleting arus listrik di ruangan perpustakaan.

Akibatnya muncul percikan api dan menyambar susunan buku yang ada di dalam perpusatakaan Ponpes Daarul Huffaz. 

"Pengurus ponpes dengan menggunakan APAR yang ada di dalam lingkup ponpes tersebut berusaha memadamkan api," kata Irwansyah mewakili Kepala Pol PP Effendi.

Tidak hanya alat pemadam api ringan, pemadaman juga dilakukan menggunakan Alkon sawah yang dialirkan dari kolam di halaman ponpes. 

Selang beberapa menit dari kebakaran, petugas pemadam menuju lokasi untuk memadamkan api. 

"Kita mendapat laporan dari petugas keamanan ponpes, Zainuddin sekira jam 17.30 WIB. Atas laporan itu, kami langsung ke TKP dan melakukan penyemprotan di atas plafon dan pendinginan di area titik kebakaran,” ujarnya. 

Tidak sampai satu jam, api berhasil dipadamkan. Pemadaman cukup terbantu dan tinggal pendinginan. 

Sebab di Ponpes Daarul Hufaz sudah tersedia APAR untuk membantu proses pemadaman.

Irwansyah menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kebakaran perpustakaan Ponpes Daarul Huffaz menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai sekitar Rp 30 juta 

"Tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir sekitar Rp 30 juta," ujarnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: