Bunda Eva 2 - Iklan Prima

Polda Minta Sinergi Jurnalis dengan Polres Metro Diperkuat

Polda Minta Sinergi Jurnalis dengan Polres Metro Diperkuat

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad ketika di Polres Metro. Foto Dok--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memperkuat peran seksi humas Polres Metro Polda Lampung dalam pemberitaan di media.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, kunjungannya ke Polres Metro Polda Lampung, selain untuk bersilaturahmi, juga untuk menyinergikan peran rekan jurnalis di Kota Metro dalam mempublikasikan kinerja Polres Metro. 

"Semoga kedepannya akan tercipta sinergi dan kerjasama yang baik dengan awak media khususnya di Kota Metro dalam penyampaian kinerja Polres Metro. Saya juga meminta pihak kepolisian dapat menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan rekan media," katanya Rabu 23 November 2022.

Pihaknya juga memperkuat peran Kasi humas Polres Metro sebagai unsur pelaksana pembantu pimpinan, dalam hal inu merupakan Kapolres, yang bisa menyiapkan bahan-bahan yang ada untuk publikasi kinerja.

"Setiap informasi yang didapat merupakan peran setiap humas. Termasuk di Polres Metro ini, humas Polres dapat memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat," jelasnya.

Ia menjelaskan, manajemen media atau peran kehumasan tidak terlepas dari dua Undang-undang yaitu UU No 40 tahun 1999 tentang Pers dan UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Jadi ada informasi-informasi yang harus dipahami oleh kedua belah pihak, baik dari teman-teman jurnalis dan polri," imbuhnya.

Dikatakan Pandra, adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Dewan Pers dan Polri, dimana, setiap aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh wartawan sepenuhnya dijamin oleh Undang-undang dan jika ditemukan sengketa Pers maka ranah penyelesaiannya adalah Dewan Pers.

"Termasuk juga adanya MoU Dewan Pers Republik Indonesia dan Polri, itu juga perlu kita sosialisasikan dan harus dipahami oleh satuan kewilayahan termasuk Polres Metro dan jajarannya yang paham dengan teman-teman jurnalis di Metro," jelasnya.

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Yuni Iswandari Yuyun siap menjalankan petunjuk dan arahan Kabid Humas Polda Lampung tersebut.

"Untuk mengangkat nama institusi Polres Metro terkait pemberitaan adalah dengan menjalin sinergitas dengan rekan-rekan jurnalis," ungkapnya.

Ia juga akan menginstruksikan seluruh personilnya, Pimpinan Polsek jajaran untuk memberikan pernyataan saat ditanya oleh rekan media berkaitan dengan suatu peristiwa yang terjadi di wilayahnya.

"Saya bagian dari rekan-rekan dan saya juga bagian dari masyarakat. Jadi ayo kita sama-sama menciptakan keamanan, dan ketertiban di kota Metro ini dengan berita yang positif juga. Penyampaian dari pak Kabid Humas boleh mengeluarkan statement bila memang betul ditemukan kejadian di wilayahnya. Nah setelah ini akan saya instruksikan jajaran untuk menjawab setiap pertanyaan wartawan," pungkasnya. (*)

 

Sumber: