Buka MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung di Mesuji, Ini Pesan Gubernur Arinal Djunaidi

Buka MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung di Mesuji, Ini Pesan Gubernur Arinal Djunaidi

Pembukaan MTQ Ke-49 tingkat Provinsi Lampung di alun-alun Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Sabtu malam, 3 Desember 2022. FOTO ARDIAN MUKTI/RADARLAMPUNG.CO.ID--

MESUJI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-49, Sabtu malam, 3 November 2022. 

Pembukaan MTQ di alun-alun Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji itu ditandai dengan pelepasan panah yang dilakukan Gubernur Arinal Djunaidi, didampingi bupati dan wali kota. 

Dalam sambutannya Arinal Djunaidi mengatakan, MTQ merupakan salah satu program pembangunan bidang agama agama untuk peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat.

"MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran bagi umat Islam," kata Arinal Djunaidi.

BACA JUGA: Warna Baru, MTQ Ke-49 Provinsi Lampung Didukung Tokoh Lintas Agama

Karena itu MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang. Baik nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan bahkan kelurahan.

MTQ Ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini mengambil tema, Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk    Mewujudkan Masyarakat yang religius.

Menurut gubernur, ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi qurani.  

Terkait hal ini, program Lampung mengaji menjadi upaya menciptakan kehidupan yang religius (agamis), berbudaya, aman, dan damai di Lampung yang memiliki visi Lampung Berjaya. 

BACA JUGA: Pelaksanaan MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Lampung Siap Dilaksanakan di Mesuji

Oleh karena itu, gubernur berharap MTQ Ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca al quran.

Namun menjadi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al quran.

MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

Selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: