Sabar, Kekurangan Insentif Aparatur Pemerintahan Desa di Lampung Timur Segera Dibayar

Sabar, Kekurangan Insentif Aparatur Pemerintahan Desa di Lampung Timur Segera Dibayar

Pembayaran kekurangan insentif aparatur pemerintahan desa di lampung Timur akan dilakukan tahun depan. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bakal menyalurkan kekurangan pembayaran insentif aparatur pemerintahan desa tahun 2022. 

Ketua DPC Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Lampung Timur Guna Wijaya menjelaskan, tahun ini, insentif aparatur pemerintahan desa yang telah dibayarkan baru dua triwulan. 

Untuk triwulan 1 (Januari hingga Maret) dibayarkan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 2/2022. 

Namun pemberlakuan Perbub Nomor 40/2022 tersebut dipersoalkan para aparatur pemerintahan desa. 

BACA JUGA: Belum Juga Ada Kabar Soal Insentif, Guru Honor Bandar Lampung Bakal Turun ke Jalan

Sebab, jumlah insentif yang diterima mengalami penurunan. Contohnya, untuk insentif RT, turun dari Rp 490 ribu menjadi Rp 250 ribu per bulan.

Akibatnya, Apdesi sempat sempat akan menggelar aksi unjuk rasa pada Senin, 5 Desember 2022. 

Namun rencana aksi tersebut batal. Menyusul pertemuan antara pengurus Apdesi dengan Bupati Lampung Timur dan jajaran, Sabtu 3 Desember 2022.

Hasilnya antara lain, Pemkab Lampung Timur akan membayarkan selisih antara ketentuan Perbub Nomor 2 dan Perbub Nomor 40/2022 untuk insentif aparatur pemerintahan desa triwulan 2.

BACA JUGA: Kajati Lampung Sebut Tersangka Kasus Korupsi Retribusi Sampah DLH Bandar Lampung Lebih Dari 2 Orang

Pembayaran dilakukan pada triwulan 1 tahun 2023. Begitu juga, insentif aparatur pemerintahan desa triwulan 3 dan 4 tahun 2022, akan dibayar pada triwulan pertama tahun depan.

Hasil selanjutnya, bupati siap melaksanakan kekurangan bayar insentif APD tersebut dengan persetujuan DPRD Lampung Timur.

"Kami berharap, kekurangan insentif APD triwulan serta insentif triwulan 3 dan 4 tahun 2022 dapat terbayarkan sesuai hasil rapat tersebut," tegas Guna Wijaya yang juga Kades Labuhan Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai, Senin 5 Desember 2022.

Sebelumnya diberitakan, aparatur pemerintahan desa di Lampung Timur menggelar unjuk rasa, Senin 21 November 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: