Deretan Camilan yang Sering Dijumpai di Indonesia, Terinspirasi dari Makanan Asal Belanda

Deretan Camilan yang Sering Dijumpai di Indonesia, Terinspirasi dari Makanan Asal Belanda

Klapertart. (Foto/Pixabay)--

Sedangkan di Belanda, lekker dikenal dengan nama lekker holland atau dutch butter cake (boterkoek) yang merupakan sebutan untuk sebutan kue khas Belanda. 

4. Dadar Gulung

Siapa di antara kalian yang baru tahu kalau dadar gulung ternyata terinspirasi dari pancake khas Eropa, lho sobat kuliner.

Dadar gulung adalah salah satu makanan khas Indonesia dan Malaysia, yang dapat digolongkan sebagai panekuk atau pancake yang biasanya diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair.

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Tempat Foto Prewedding Outdoor di Lampung, Nomor 3 Sering Banget Dikunjungi

Selain itu, dadar gulung juga identik dengan warna hijau karena diberi pewarna perasan daun suji.

Camilan yang satu ini, rupanya memiliki nama lain disetiap daerah. Adapun nama lain dari dadar gulung yaitu kuih ketayap, kuih lenggang, dan kuih dadar yang biasanya disajikan dalam keadaan hangat.

5. Kue Cubit

Jika sobat kuliner tinggal atau sedang berada di Belanda, maka kalian tidak akan menemukan camilan yang satu ini dengan nama kue cubit melainkan poffertjes.

Poffertjes adalah kue tradisional yang memiliki tekstur empuk dan berasal dari negeri Van Oranje alias Belanda. Penampilannya akan terlihat mirip dengan panekuk, tetapi lebih kecil dan manis.

BACA JUGA:Yuk, Ikut Lomba Mewarnai Fun Food Festival Radar Lampung, Gratis

Berbeda dengan panekuk, poffertjes akan dibalikkan sebelum salah satu sisinya matang sehingga hasilnya lebih lembut dan biasanya disajikan bersama gula halus, mentega, dan madu.

6. Lapis Legit

Meski terkenal jadi kue khas Indonesia, siapa yang menyangka jika lapis legit ternyata merupakan camilan yang terinspirasi dari kuliner Belanda.

Pada masa kolonial Belanda, lapis legit disebut dengan spekuk atau spekkoek yang kini dikenal sebagai jenis kue basah tradisional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: