Enam Desa di Lampung Timur Salurkan BLT Dana Desa Triwulan 4, Sisanya…

Enam Desa di Lampung Timur Salurkan BLT Dana Desa Triwulan 4, Sisanya…

Kepala Dinas PMD Lampung Timur Yudi Irawan. FOTO DWI PRIHANTONO/RADARLAMPUNG.CO.ID --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Penyaluran bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) di Lampung Timur memasuki tahap ke empat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, tahun ini kabupaten itu mendapat alokasi DD sebesar Rp 279 miliar. 

Anggaran tersebut akan disalurkan kepada 264 desa yang tersebar pada 24 kecamatan di Lampung Timur. 

"Penyaluran DD dilaksanakan tiga tahap," kata Yudi Irawan, Senin 12 Desember 2022.

BACA JUGA: KPK Dikabarkan Kembali Panggil Kadafi untuk Saksi Karomani

Dilanjutkan, hingga saat ini, sebanyak 262 desa telah menerima DD tahap tiga. Kemudian dua desa lain masih dalam proses.

Dari 262 desa yang telah menerima DD tahap tiga tersebut, enam di antaranya sudah menyalurkan BLT-DD triwulan empat (Oktober, November dan Desember) kepada keluarga penerima manfaat (KPM). 

Sedangkan lainnya masih proses penyaluran kepada KPM. "Besaran DD yang diterima KPM Rp300 ribu per bulan," terang Yudi Irawan.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai ketentuan yang berlaku, masing-masing desa harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 40 persen dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT). 

BACA JUGA: Nukman Bakal Jadi Penjabat Bupati Lampung Barat?

Hal ini merujuk kepada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2021 tentang Penggunaan Dana Desa. 

Program penyaluran BLT-DD merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 

“Dengan adanya BLT-DD diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat. Khususnya untuk pemenuhuan kebutuhan sembako,” tegas Yudi Irawan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: