Naik Peringkat, Universitas Lampung Urutan 13 UI GreenMetric

Naik Peringkat, Universitas Lampung Urutan 13 UI GreenMetric

Universitas Lampung (Unila) menempati peringkat 15 pada pemeringkatan UI GreenMetric tahun 2022.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Lampung (Unila) bergerak maju. Ini dibuktikan dengan naiknya peringkat universitas tersebut dalam pemeringkatan UI GreenMetric tahun 2022.

Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Prof. Asep Sukohar membenarkan hal tersebut. Pada 2020, Unila menempati rangking 17. Setahun kemudian, berada pada urutan 15 dan tahun ini peringkat 13.

"Iya benar. Ini adalah pemeringkatan yang dilakukan lembaga UI, maka dinamakan UI GreenMetric. Harapannya di 2023 bisa masuk 10 besar," Prof Asep Sukohar, Senin 12 Desember 2022.

UI GreenMetric merupakan publikasi tahunan peringkat universitas di Indonesia dan dunia yang dilaksanakan Universitas Indonesia dengan menilai universitas berdasar komitmen dan tindakan terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA: Sosialisasi di Fakultas Kedokteran, Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Sampaikan Program Kerja

Pemeringkatan UI GreenMetric dirintis dan diinisiasi Universitas Indonesia sejak tahun 2010. Pada 2020, 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi, dan meningkat menjadi 956 universitas dari 80 negara di dunia tahun 2021.

Prof. Asep Sukohar menjelaskan, lembaga tersebut berdiri tahun 2010, mencangkup 80 negara. Di mana, terdaftar 996 universitas di dunia. 

"UI GreenMetric ini dilandasi tiga pilar. Yaitu lingkungan hidup, ekonomi dan sosial budaya,” sebut dia. 

Dalam penilaiannya, bobot indikator keadaan dan infrastruktur kampus 15 persen, energi dan perubahan iklim 21 persen dan pengelolaan sampah 18 persen.

BACA JUGA: Paparan Visi Misi di Fakultas Teknik, Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Dapat Pertanyaan Ini

Kemudian penggunaan air 10 persen, transportasi 18 persen serta pendidikan dan riset 18 persen. 

Prof. Asep Sukohar menyatakan, ada empat hal yang akan dilakukan untuk mewujudkan Unila sebagai top ten kampus terbaik versi UI GreenMetric.

"Tentunya ada yang akan kita capai hal-hal strategis. Terutama memaksimalkan penggunaan dasspot UI GreenMetric yang sudah kami buat untuk bisa dioptimalkan,” ujarnya.

Langkah kedua, memperhatikan hal-hal lain yang bisa ditingkatkan terkait pengelolaan sampah di universitas dan efisiensi penggunaan energi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: