DPP APINDO Lampung dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Gelar Apresiasi Bina UMKM Merdeka Belajar

DPP APINDO Lampung dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Gelar Apresiasi Bina UMKM Merdeka Belajar

DPP APINDO Lampung dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Gelar Apresiasi Bina UMKM Merdeka Belajar Batch 1--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) dan APINDO DPP Lampung menggelar Bina UMKM Merdeka Belajar Batch 1.

Kegiatan ini sengaja diselenggarakan untuk mendorong kemajuan UMKM dan memberi peluang mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan belajar nyata di lapangan.

Ketua Umum DPP APINDO Lampung, Arry Meizari mengatakan, peran UMKM sangat besar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 64,2 Juta dari keseluruhan unit usaha.

Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 56-59 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. 

BACA JUGA:5 Kuliner Soto yang Enak dan Lezat di Bandar Lampung, Nomor 3 Cukup Legendaris

Saat ini kita bertopang sangat besar kepada UMKM kita maka selayaknya kita bersama sama mendorong kemajuan UMKM untuk terus tumbuh.

Disisi lain kewajiban kita memberikan kesempatan generasi muda khususnya Generai Z dan Generasi Milenial sebagai pasar dan penggerak ekonomi masa depan masuk dalam program pembelajaran ini.

”Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Lampung di Sumatera, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Indonesia,” jelas Ary.

Tantangan UMKM ke depan yang harus diatasi bersama oleh semua stakeholders terkait antara lain berkaitan dengan legalitas atau perizinan, manajemen, inovasi dan teknologi, serta literasi digital.

BACA JUGA:Promo JCO Indonesia Kembali Hadir Hingga 18 Desember 2022, Rp 139 Ribu Dapat 1 DZN Donuts Plus 1 Jcool To Go

Kemudian produktivitas, keberlanjutan usaha, pembiayaan, branding dan pemasaran, mindset dan motivasi, sumber daya manusia, standardisasi dan sertifikasi, pemerataan pembinaan, pelatihan, dan fasilitasi.

Direktur MBKM IBI Darmajaya, Dr. Said Hasibuan menilai program ini tepat dan sangat efektif bagi proses pembelajaran mahasiswa kemampuan merubah orientasi dari hanya mencari pekerjaan menjadi membuat lapangan kerja.

Karena pengalaman singkat lapangan yang mahasiswa dapatkan dari program Bina UMKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah membuat mereka menemukan peta jalan alternatif untuk mencapai sukses setelah kuliah.

Pelatihan pendampingan yang ditinjau setiap bulannya telah menunjukan perubahan yang cukup signifikan bagi para pelaku UMKM dalam yang dirancang CCEP Indonesia bersama DPP APINDO Lampung bekerjsama dengan Kampus IBI Darmajaya untuk mendorong kemajuan peran UMKM di Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: