Hari Terakhir Sosialisasi Visi Misi, Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Ditanya Soal Integritas

Hari Terakhir Sosialisasi Visi Misi, Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Ditanya Soal Integritas

Sosialisasi visi misi bakal calon rektor Universitas Lampung (Unila) pada hari terakhir, Rabu 14 Desember 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BACA JUGA: Paparan Visi Misi Bakal Calon Rektor Unila, Prof. Asep Sukohar Janji Naikkan Dana Penelitian Guru Besar

Prof. Asep menyatakan, Selasa 13 Desember 2022, Plt. Rektor Unila mengumpulkan semua bakal calon rektor untuk menyampaikan pesan Mendikbud Ristek untuk Unila ke depan. Isinya, berkaitan dengan pertanyaan para dosen saat itu.

"Pesan menteri, untuk menjadi pimpinan dengan menjalankan tata kelola universitas ini dengan segala pakemnya. Itu diturunkan sampai lini terkecil,” sebut Prof. Asep Sukohar. 

Kemudian penguatan IT dan mimpi yang berlum terwujud adalah one data. Ia mencoba membangun hal-hal kecil, baru kemudian ke one data.

Salah satu produknya, sistem persuratan. Di mana saja bisa dinikmati. Lalu Sikebas, mahasiswa yang ingin banding bisa di mana dan kapan saja.

BACA JUGA: Fakultas Pertanian Universitas Lampung Launching Matching Fund Patriot Pangan Kampus Merdeka

”Selanjutnya Siakad yang saya buat terbukti dampaknya. Pada 2020 delapan guru besar, 2021 15 guru besar dan 2022 ini ada 20 guru besar sudah dikukuhkan. Insya Allah menjadi one data," paparnya.

Untuk remunerasi, Prof. Asep menyatakan ada empat yang dia perjuangkan. Yakni remunerasi gaji, kinerja, THR dan remunerasi gaji ke-13 yang akan keluar.

"Saya terakhir minta kejelasan ke bu Irjen, kapan remun ke-13 keluar. Akhirnya terjawab, mudah-mudahan setelah Pilrek. Itu yang ada dalam tata kelola," urainya.

Kemudian, terusnya, menteri juga meminta penguatan pendidikan riset, dan pengabdian diberikan porsi entrepreneur agar output mahasiswa bukan mencari kerja, tetapi start up, yang nanti akan berdampak pada ekonomi global.  

BACA JUGA: Kedaireka Jembatani Riset Perguruan Tinggi dan Industri

Prof. Asep Sukohar juga menyebut beberapa usaha atau masterplan untuk unit bisnis seperti SPBU dan cuci motor, sudah ada namun masih terganjal aturan.

"Income generating Unila saat 400 M (naik dibanding 2019). Dampaknya bisa dilihat dari FISIP dan FEB sekarang, dibanding FK tertinggal (masih pengerjaan). Artinya income generating sangat melekat dengan MBKM dan kampus merdeka. Rumah sakit, klinik kecantikan potensi income generating. Bukan merubah kampus menjadi bisnis. Tetapi bagaimana mendorong tri dharma. Bagaimana kebersamaan untuk membangunnya," tegas Prof. Asep Sukohar.

Dilanjutkan, untuk kemahasiswaan, anggaran 5-7 persen akan digeser hingga mencapai 10 persen. Diberikan kepada untuk mahasiswa berprestasi. Tiga bulan sekali akan dievaluasi agar bisa terserap.

Sementara kelompok kedua terdiri dari Dr. Marselina, Prof. Murhadi, Dr. Nairobi yang memaparkan visi misi di Fakultas Teknik. Pemaparan Prof. Suharoso yang harus mewakili Plt. Rektor di Jakarta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: