Viral Makanan Nasi Minyak, Hati-hati Ternyata Ada Potensi Bahaya Menanti

Viral Makanan Nasi Minyak, Hati-hati Ternyata Ada Potensi Bahaya Menanti

Nasi Minyak. -SS YouTube Rafa Ahrul Chanel-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sempat viral makanan bernama Nasi Minyak. Makanan ini merupakan nasi yang dihidangkan bersama beberapa lauk seperti ayam, bebek, tempe, lalapan dan sambal ternyata menjadi jamuan yang ramai di buru masyarakat.

Makanan tersebut sebenarnya berawal dari Surabaya, Jawa Timur. Di mana bumbu yang digunakan untuk menyiram lauk seperti ayam dan bebek itu ditambahkan minyak jelantah bekas gorengan lauk tersebut.

Namun, masyarakat malah menyebut bumbu yang terlihat berwarna hitam itu lebih gurih apabila di siram menggunakan minyak goreng jelantah bekas gorengan lauk tadi.

Namun, makanan yang kebanyakan memanfaatkan minyak goreng itu juga dapat menimbulkan bahaya loh.

BACA JUGA:Pencuri dan Penadah Laptop Ditangkap

Apalagi kita tahu kandungan pada minyak yang telah dipanaskan mengandung lemak jenuh, yang bahkan jumlahnya sangat tinggi.

Inilah yang membuat masyarakat sebenarnya harus waspada. Sebab, ada potensi timbulnya kondisi dislipidemia dalam tubuh.

Dislipidemia membuat kondisi lemak dalam darah menjadi tidak normal.

Mengutip dalam website Kementerian Kesehatan RI, dislipidemia merupakan salah satu contoh prediktor utama penyakit kardiovaskular yang umumnya diiringi dengan penurunan kadar HDL serta peningkatan kadar LDL, kolestrol total, serta trigliserida.

BACA JUGA:Cinta Berujung Penjara, Begini Kisahnya

Dislipidemia merupakan keadaan dimana terjadi peningkatan kadar kolesterol plasma, trigliserida (TG), atau keduanya.

Selain itu, kadar kolesterol HDL rendah yang berkontribusi pada perkembangan aterosklerosis. 

Hal itu membuat dislipidemia dapat menyebabkan penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke yang hingga saat ini berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada tahun 2020 kedua penyakit tersebut masih menduduki tingkat tertinggi nomor satu dan dua penyebab kematian di dunia.

Namun, penyakit dislipidemia ini juga bisa muncul akibat kebiasaan lainnya seperti gaya hidup tidak sehat, merokok, meminum banyak minuman yang mengandung alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: