Target Turunkan 1 Digit Presentase Kemiskinan di Lampung 2023, Begini Kata Wagub Nunik

Target Turunkan 1 Digit Presentase Kemiskinan di Lampung 2023, Begini Kata Wagub Nunik

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemprov Lampung menargetkan penurunan prestase kemiskinan tahun 2023 ini sebanyak 1 digit. Dari tahun 2022 11,44 persen menjadi 10 persen di 2023.

Hal itu menurut Wakil Gubernur Lampung Chusnunia akan melibatkan berbagai pihak. Fokus Pemprov Lampung juga tidak hanya pada satu sektor penting dalam pengentasan kemiskinan, namun seluruh sektor.

"Alhamdulillah ya kita tahun 2022 bisa menurunkan angka kemiskinan, memang kita akan lebih menggencarkan upaya penurunan ini lebih lagi di 2023. Berbagai program akan kita siapkan," kata Nunik --sapaan akrab Chusnunia.

Dia mengatakan, program penurunan kemiskinan yang digagas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan manajemen oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung saat ini harus diperkuat.

BACA JUGA:Virus Kraken Masuk Indonesia, Ini Yang Perlu Diketahui Masyarakat

"Kita tidak akan fokus pada satu titik saja. Namun seluruhnya, seperti kita target kan sektor ini, kemudian beralih ke sektor lain. Kita akan buat itu bekerja bersama-sama dalam penanganannya," lanjutnya.

Apalagi Lampung yang menjadi Provinsi lumbung pangan ini akan menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan taraf kemiskinan masyarakat.

BACA JUGA:5 Makanan Khas Lampung yang Sering Disajikan, No 1 tak Perlu Diragukan Lagi

"Kemandirian pangan dan ekonomi kerakyatan pasti fokus kesana untuk terus mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita," katanya.

Sebelumnya, Provinsi Lampung berhasil menurunkan angka kemiskinan pada periode Maret 2022 ke September 2022. Hal ini sesuai data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung yang dirilis pada 16 Januari 2023.

Dalam data BPS, diketahui angka kemiskinan Lampung pada Maret 2022 sebesar 1.002,41 ribu orang. Sementara pada September 2022 menjadi 995,59 ribu orang.

Artinya, terjadi penurunan 6,82 ribu orang atau sebesar 11,44 persen.

BACA JUGA:Berikut 12 Rekomendasi Restoran di Bandar Lampung yang Cocok untuk Kumpul bersama Keluarga

Adanya penurunan itu membuat penurunan kemiskinan di Provinsi Lampung pada September 2022 tertinggi ke tiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: