Sebaran Penerima Layanan Beasiswa LPDP Sudah Mencapai Angka 35.536, Ini Rinciannya

Sebaran Penerima Layanan Beasiswa LPDP Sudah Mencapai Angka 35.536, Ini Rinciannya

Ilustrasi Beasiswa.--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah resmi membuka pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2023.

Melansir dari laman lpdp.kemenkeu.go.id, LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin yang professional di masa depan.

Tujuannya adalah demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Bergerak menuju organisasi yang memiliki daya saing tinggi, LPDP tak hanya memiliki tujuan lokal namun skala regional bahkan internasional.

BACA JUGA:Ketahuan Saat Beraksi, Bandit Curanmor Diamankan di Areal Perladangan

Menjadi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang bebas biaya, persebaran penerima layanan beasiswa LPDP pun sudah mencakup puluhan ribu orang.

Sebaran Penerima Layanan Beasiswa LPDP

Sebanyak 35.536 orang tercatat berhasil menerima beasiswa. Ada sebanyak 17.979 menjadi alumni awardee LPDP.

Kemudian tercatat afirmasi dan target mencapai 16.637 orang. 

BACA JUGA:Tubaba Berhasil Turunkan Stunting Hingga 5,7 Persen

Bagi yang belum tahu, berdasarkan UUD 1945 mengamanahkan sekurang-kurangnya dua puluh persen (20%) Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) untuk fungsi pendidikan.

Dalam hal ini Pemerintah bersama DPR RI pada 2010 lalu, melalui UU Nomor 2 Tahun 2010 tentang APBN-P sepakat untuk mengalokasilan sebagian dana fungsi pendidikan dalam APBN-P menjadi Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) ini kemudian dikelola menggunakan mekanisme pengelolaan dana abadi atau endownment fund Badan Layanan Umum (BLU).

Pada 2011 lalu, Menteri Keuangan bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyepakati terkait pengelolaan DPPN dan pemanfaatan hasil pengelolaan dana yang akan dilaksanakan Kementerian Keuangan yang didukung pejabat dan pegawai dari kedua kementerian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: