Bupati Tanggamus Dorong Petani Gunakan Teknologi dan Inovasi Pertanian

Bupati Tanggamus Dorong Petani Gunakan Teknologi dan Inovasi Pertanian

Bupati Dewi Handajani menghadiri HUT ke-2 Poktan Lereng Tanggamus Jaya di Pekon Tanjung Anom dan pengukuhan KTH Tanggamus Kestari. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDBupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri HUT Ke-2 Poktan Lereng Tanggamus Jaya, sekaligus pengukuhan Kelompok Tani Hutan (KTH) Tanggamus Lestari di Pekon Tanjung Anom, Kecamatan Kota Agung Timur. 

Dalam sambutannya, Dewi Handajani menyampaikan menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat ulang tahun untuk Poktan Lereng Tangamus Jaya.

Di mana, poktan telah berpartisipasi membangun serta memajukan wilayah Tanjung Anom dan sekitarnya dalam bidang pertanian dan perkebunan.

”Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada ketua dan anggota Kelompok Tani Hutan Tanggamus Lestari yang pada hari ini telah dikukuhkan,” kata Dewi Handajani.

BACA JUGA: Terbaru! Cek Harga BBM Per 2 Februari 2023, Pertamax Turbo Masih Naik

"Mari bersama-sama kita jaga dan manfaatkan hutan dengan sebaik-baiknya, demi membantu peningkatan perekonomian. Tetapi juga membantu kelestarian hutan. Jaga alam agar tetap lestari,” tegasnya. 

Dilanjutkan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang memiliki kewenangan atas wilayah hutan, memberi ruang kepada masyarakat yang ingin berusaha di kawasan hutan.

Namun dianjurkan tanaman atau pohon yang masuk dalam kawasan hutan harus jenis tanaman akar tunggal. Termasuk tanaman durian.

Pohon Durian, Alpukat dan lain yang bernilai ekonomi tinggi sangat mendukung peningkatan perekonomian warga.

BACA JUGA: Terbaru! Cek Harga BBM Per 2 Februari 2023, Pertamax Turbo Masih Naik

”Seperti yang kita ketahui, sebagian besar masyarakat dan penduduk Tanggamus beprofesi serta menggantungkan pendapatannya dari sektor pertanian dan perkebunan,” ujarnya.

Sektor ini merupakan salah satu prioritas pemerintah dalam rangka menunjang pembangunan di Tanggamus. 

Oleh karena itu, para kelompok tani (Poktan) dan juga kelompok wanita tani (KWT) memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang pembangunan daerah. 

Dewi Handajani juga mendorong seluruh petani yang tergabung dalam poktan, agar menggunakan teknologi serta inovasi baru dalam bidang pertanian untuk peningkatan produktifitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: