Tekan Inflasi, Mendagri Sebut Beberapa Komoditas Perlu Diwaspadai

Tekan Inflasi, Mendagri Sebut Beberapa Komoditas Perlu Diwaspadai

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ada beberapa komoditas perlu diwaspadai dalam menekan inflasi.

Komoditas tersebut yaitu cabai merah, minyak goreng, beras, cabe rawit, dan komoditas spesifik lainnya di setiap daerah.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, ada bebeeapa daerah yang komoditasnya naik secara spesifik.

"Seperti konsumsi gula pasir, serta kalau di Madura tadi ada emas perhiasan di antaranya itu, dan juga tembakau alias rokok, itu menjadi penyumbang," ujarnya.

BACA JUGA:PNS di Tuba Titip Anak Kuliah di Kedokteran, Beri Rp 150 Juta

"Begitu juga daerah-daerah yang terjadi kenaikan (komoditas, red) meskipun tidak signifikan, tapi perlu diwaspadai,” tuturnya.

Tito Karnavian mengingatkan kepada daerah-daerah agar selalu memonitor dan melakukan intervenai terhadap komoditas yang mengalami kenaikan harga karena mekanisme pasar.

Daerah juga diminta untuk memonitor komoditas-komoditas yang harganya diatur oleh pemerintah pusat, seperti BBM dan lain sebagainya.

Ia pun mengungkapkan kunci penanganan inflasi khususnya bagaimana pemerintah daerah bisa memahami masalah dan merumuskan solusinya secara mendetail, termasuk dalam menentukan jenis komoditas yang mengalami kenaikan harga beserta lokasinya.

BACA JUGA:Terkait Temuan KPPU, Disperindag Lampung Sebut Minyakita Harus Dijual Sesuai HET Sampai Pengecer

“Yang penting dalam pengendalian inflasi pendapat saya adalah pengecekan di lapangan dan detail masalahnya persis tahu diagnosanya, sehingga terapinya juga lebih tepat, dan cek lapangannya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemerintah daerah terus melakukan prinsip-prinsip pengendalian inflasi seperti yang telah dirumuskan.

Langkah yang dapat dilakukan dengan operasi pasar, melakukan monitoring harian, rapat dengan Satgas Pangan dan TPID hingga pemberian subsidi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: