Dewan Minta Wali Kota Segera Lantik Sekda Bandar Lampung

Dewan Minta Wali Kota Segera Lantik Sekda Bandar Lampung

Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Wiyadi.-Sumber foto: Warta DPRD Bandar Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) setempat dalam hal ini wali kota untuk tertib administratif.

Terutama berkaitan dengan ASN di lingkungan Pemkot Bandar Lampung dalam hal ini pemegang kebijakan strategis, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda).

Ketua DPRD Bandar Lampung Wiyadi mendorong agar pemkot dalam hal ini wali kota untuk segera melantik Sekda definitif Kota Bandar Lampung setelah asesmen sudah dilakukan dan rekomendasi telah keluar.

"Harusnya kalau tidak ada alasan yang mendasar atau tidak ada alasan aturan yang belum dipenuhi. Sebaiknya untuk segera dilantik (sekda, red) supaya kinerjanya efektif," ujar Wiyadi kepada Radarlampung.co.id, Kamis 2 Maret 2023.

BACA JUGA:Inspektur Lampung : Pemprov Beri Teguran Pemkot Bandarlampung Karena Tak Kunjung Lantik Sekkot

Wiyadi pun menilai, jika Sekda Kota Bandar Lampung telah dilantik definitif tentu tidak ada yang dirugikan. Sebab, kinerjanya akan fokus dan dapat membantu kerja dari wali kota.

"Ini menurut saya bukan masalah sekda saja. Tapi pejabat-pejabat yang lain juga," ujarnya.

"Jujur saja sudah dua tahun lebih (wali kota menjabat, red) masih banyak jabatan-jabatan yang dipegang oleh orang itu-itu saja. Setelah Plt di satu tempat, nanti mutar-mutar lagi. Menurut saya itu tidak efektif sama sekali," sambungnya.

Dengan tegas Wiyadi menilai bahwa banyaknya jabatan yang diisi oleh Plt akan sangat tidak efektif dalam menjalankan tugasnya.

BACA JUGA:Tiga Kali Berganti, Kini Plt Sekda Bandar Lampung Dijabat Khaidarmansyah

Dicontohkan Wiyadi hal yang paling dasar terkait surat menyurat. Di mana, surat membutuhkan tandatangan kepala OPD. Sedangkan, kepala OPD tersebut menjabat Plt di OPD lain.

"Saat dibutuhkan tandatangan itu, si pejabat sedang mimpin rapat di OPD lain. Pasti surat tersebut akan terhambat. Sama, ketika ada kebijakan-kebijakan strategis tidak akan fokus pada satu OPD itu saja," tuturnya.

Untuk itu, Wiyadi selalu meminta agar Pemkot Bandar Lampung tertib administratif dengan mengisi kekosongan jabatan di Pemkot Bandar Lampung.

"Saya juga sudah pernah bilang saat satu acara dengan wali kota terkait hal ini. Beliau bilang akan segera mengisi jabatan kosong itu. Itu kita tagih janjinya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: