Kali Pertama Ikut SNPMB, UIN Raden Intan Lampung Daftarkan Dua Prodi Umum

Kali Pertama Ikut SNPMB, UIN Raden Intan Lampung Daftarkan Dua Prodi Umum

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) bergabung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Untuk kali pertama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) bergabung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Dalam SNPMB 2023, UIN Raden Intan Lampung mengajukan dua program studi umum. Yakni Sistem Informasi dan Biologi.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin melalui Ketua Tim Humas dan Kerjasama Hayatul Islam mengatakan, untuk tahun ini, hanya dibuka dua prodi yang terakreditasi dari BANPT.

Untuk awal, kuota prodi Sistem Informasi dan Biologi disediakan masing-masing sebanyak 12 mahasiswa.

BACA JUGA: Nekat Curi Motor, Oknum Polisi Anggota Polsek Jabung Ini Terancam Hukuman Berat

"Dari daya tampung 12 orang, yang daftar Sistem Informasi sebanyak 132 orang dan Biologi 41 orang. Totalnya 173 orang. Tahun ini baru perdana SNBP," kata Hayatul Islam, Kamis 2 Maret 2023. 

Hayatul mengungkapkan, karena kali pertama mengikuti SNPMB, UIN Raden Intan Lampung baru menyediakan dua kelas untuk jalur prestasi dan jalus tes ke depan atau SNBT dengan total 60 orang.

"Kenapa memutuskan untuk ikut tahun ini, karena kita sudah ada prodi umum. Karena itu harus ikut SNBP. Dua prodi ini hanya ada di jalur ini. Di SPAN PTKIN tidak ada,” urainya. 

Jika penerimaan tahun ini berjalan lancar, tidak menutup kemungkinan tahun berikutnya UIN Raden Intan Lampung kembali menambah jumlah prodi yang bisa didaftarkan.

BACA JUGA: Proses Migrasi Peduli Lindungi Menuju SATUSEHAT Mobile, PT KAI Imbau Pelanggan Bawa Bukti Vaksin

"Insya Allah tahun depan kita berencana menambahkan lima prodi untuk jalur ini," tegasnya.

Sementara untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), UIN Raden Intan Lampung menyediakan kuota sebanyak 40 persen dari dua prodi tersebut. 

"Dengan daya tampung 60 orang atau dua kelas," ucapnya.

Hayatul menuturkan, ada yang berbeda dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada jalur Selesksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan UMPTKIN atau jalur SPAN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: