SMP Tunas Mekar Indonesia Sukses Gelar Drama 'Science-Fiction' di Taman Budaya

SMP Tunas Mekar Indonesia Sukses Gelar Drama 'Science-Fiction' di Taman Budaya

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebuah pementasan drama bertajuk 'Arcadia; The Future Earth' bergenre science fiction yang dipadukan dengan musik dan tari baru saja dimainkan secara apik oleh 124 siswa-siswi SMP Tunas Mekar Indonesia di Taman Budaya Provinsi Lampung hari Jumat sore kemarin, 3 Maret 2023. 

Drama ini ditulis dan sekaligus disutradarai sendiri oleh guru SMP TMI, Kemorisa, S.S..

Menurut Kemorisa, drama ini mengambil latar di tahun 2170 yang memberikan gambaran kepada penonton bagaimana kondisi bumi di abad mendatang, di mana sains dan teknologi berkembang sangat pesat, sayangnya membawa dampak negatif bagi lingkungan.

Sains teknologi juga telah menciptakan sebagian belahan bumi menjadi tempat yang indah dan terbebas dari kontaminasi bernama Arcadia.

Namun, hanya dapat dihuni oleh manusia yang berkecukupan.

Dalam pidato pembukaannya, Kepala SMP Tunas Mekar Indonesia Fiernando Septiawan, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan betuk aplikasi dari Kurikulum Merdeka dalam Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Di mana siswa-siswi tidak hanya mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di ruang kelas, tetapi juga memupuk sikap bekerja sama dan menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan agar bumi di masa depan akan tetap terjaga. 

Selain itu, sebagai pendidik dan juga orangtua salah satu tugas utama kita adalah menjadi fasilitator bagi peserta didik.

Setiap peserta didik tentunya memiliki kecerdasannya masing-masing. Oleh karenanya, peran pendidik dan orangtua adalah memfasilitasi mereka untuk menemukan bakat dan kemampuan tertentu yang dimiliki. 

Terakhir, kehadiran orangtua bagi peserta didik dalam kegiatan ini tentunya menjadi dukungan dan semangat positif yang akan menjadi pemicu perkembangan peserta didik. 

Kiranya pementasan drama ini menjadi proses pembelajaran yang bermakna dan berkelanjutan bagi seluruh peserta didik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: