Bak 'Meradang', Dalam Waktu Dekat Dispar Bakal Surati Semua Hotel, Ternyata Ini Penyebabnya

Bak 'Meradang', Dalam Waktu Dekat Dispar Bakal Surati Semua Hotel, Ternyata Ini Penyebabnya

Kantor Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung di Jalan Wolter Mongonsidi, Bandar Lampung.-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Pariwisata setempat bakal menyurati semua hotel di Kota Tapis Berseri.

Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung Dedeh Ernawati, Minggu, 3 Maret 2024. 

Dedeh menyebut, surat tersebut kini masih pihaknya proses untuk ditandatangani Wali Kota Bandar Lampung ataupun Sekretaris Daerah.

"Dalam waktu dekat ini kami akan menyurati semua hotel yang ada di Bandar Lampung, mengimbau untuk memutar musik instrumentan khas Lampung. Mungkin nanti akan ditanda tangani oleh bu Wali atau pak Sekda," katanya.

BACA JUGA:Sekjen Kemendagri: Bappeda adalah Tangan Kanan Kepala Daerah dalam Pembangunan

Menurut Dedeh, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam mempertahankan eksistensi budaya Lampung yang nantinya menjadi kenangan manis bagi siapapun yang datang dan menginap di Hotel yang ada di Bandar Lampung.

Terlebih dirinya menemukan beberapa hotel berbintang di Lampung tidak memasang instrumen tersebut, dan hal ini sangatlah disayangkan. 

"Setiap saya masuk hotel itu selalu tanya lagu Lampung ada tidak. Kalau tidak ada saya tanya langsung 'mana?!'. Coba kalau kita ke Jawa, mau hotel bintang berapapun pasti ada suara gamelannya," ungkapnya.

Dedeh juga menyebut memang tidak ada masalah memutar lagu mandarin atau lainya, tapi sebaiknya hotel di Lampung menonjolkan juga budayanya.

BACA JUGA:Rakortekrenbang 2024, Sekjen Kemendagri Wakili Mendagri Paparkan 6 Arahan Penting

"Lagu Lampung kan banyak, bisa instrumental gitarnya saja bahkan gamelannya juga ada dan dengan ini bisa menunjukan ke khasannya. Mungkin dalam waktu dekat ini kita kirim," pungkasnya.

Dengan begitu, diharapkan para wisatawan yang berkunjung bisa berkesan dan ingin kembali lagi ke Lampung.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: