Akademisi UBL Bawa Tim Merah Putih Raih Medali Perak di Internasional Robot Olympiad, Thailand

Akademisi UBL Bawa Tim Merah Putih Raih Medali Perak di Internasional Robot Olympiad, Thailand

Akademisi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (FT UBL) Ir. Riza Muhida, M.Sc., Ph.D., berhasil membawa tim nasional Indonesia meraih Medali Perak dan Perfomance Award di ajang International Robot Olympiad (IRO) yang di a--

BANDARLAMPUNG. RADARLAMPUNG.CO.ID - Akademisi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (FT UBL) Ir. Riza Muhida, M.Sc., Ph.D., berhasil membawa tim nasional Indonesia meraih Medali Perak dan Perfomance Award di ajang International Robot Olympiad (IRO) yang di adakan di Stadium Saphanhin, Puket, Thailand.

Kegiatan yang berlangsung pada 12 - 16 Januari 2023 itu diikuti sekitar 400 peserta dari 14 negara. Yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Filipina, Vietnam, New Zealand, Australia, India, Yunani, Rusia, China, Korea Selatan, dan Inggris.

"Alhamdulillah, saya kembali dipercaya membawa timnas Indonesia yang terdiri dari 4 orang untuk mengikuti kompetisi robot tingkat dunia, International Robot Olympiad di Thailand tahun ini. Empat peserta yang saya bawa ini merupakan anak Indonesia terpilih dari para juara yang telah mengikuti kompetisi nasional yang diadakan secara online Desember 2022 dan Januari 2023," terang Riza via WhatsApp. 

"Indonesia berhasil meraih Medali Perak untuk kategori Physical Computing yang dipersembahkan oleh Almer Abiyyu Ahmad, siswa kelas X-2 MAN 1 Pasuruan. Selain itu juga, M Akbar Ramadhansyah, Raihan Rizki Hamizah Hutomo Imam Muflih juga berhasil mendapatkan Performance Award  untuk kategori Robot Creative dan juga Robot in Movie," jelas Riza yang juga Wakil Presiden Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI) tersebut. 

BACA JUGA:Jalan yang Dilalui Iriana Joko Widodo Diperhalus

Riza mengaku bangga atas raihan prestasi tersebut. Sebab, Tim Indonesia telah membuktikan kepada negara lain bahwa Indonesia mampu bersaing dan mengembangkan kreativitas dalam menciptakan suatu karya teknologi robot sesuai tuntutan zaman.

"Ini sarana untuk membangun jaringan sosial dengan generasi muda dari berbagai negara. Tim pelatih Indonesia cukup puas dengan hasil yang di raih pada ajang lomba ini. Harapan ke depan semoga tim Indonesia bisa mendapatkan hasil terbaik,” pungkasnya.

IRO adalah ajang bergengsi kompetisi robot dunia yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Event ini diprakarsai oleh International Robotic Olympiad Committee (IROC) yang bermarkas di Korea. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: