Terjunkan Perahu Karet, Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir Tulang Bawang

Terjunkan Perahu Karet, Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir Tulang Bawang

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga terdampak banjir Tulang Bawang beberapa waktu lalu-Dok. Muhammad Zainal Arifin-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Unit Siaga SAR Tulang Bawang menerjunkan perahu karet untuk mengevakuasi korban terdampak banjir di Kampung Astra Ksetra, Menggala, Kamis 9 Maret 2023.

Berdasarkan pantauan, saat ini luapan sungai kali miring yang menggenangi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tulang Bawang hingga pukul 10.00 WIB masih terus meningkat.

Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan BPBD Tulang Bawang masih bergotong royong melakukan evaluasi kepada warga terdampak bencana banjir. 

Kepala Unit Siaga SAR Tulang Bawang Santosa mengatakan, evakuasi banjir terfokus kepada warga lanjut usia, anak-anak, ibu-ibu serta warga yang sedang sakit.

BACA JUGA:Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Berikan Atensi Khusus, Ini Pesannya

"Tentunya kami berharap dalam bencana ini tidak sampai menelan korban jiwa," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam bencana banjir ini Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang berada di Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Tulang Bawang lumpuh total. 

Hal tersebut akibat luapan air sungai dan hujan deras yang mengguyur Tulang Bawang sejak semalam.

Akibat peristiwa tersebut, Jalinsum terendam air dan untuk sementara tidak dapat dilalui kendaraan. 

BACA JUGA:PLN UID Lampung Gelar Raker Semester I 2023 Bertajuk Symphony

Para pengguna jalan dari arah Bandar Lampung menuju Tulang Bawang diimbau untuk melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Selain itu, masyarakat yang hendak menuju Tulang Bawang juga diimbau untuk putar balik dan lewat Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim) Bawang Latak, Menggala. 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial (Kesos) Pemkab Tulang Bawang Akhmad Suharyo saat meninjau banjir di Portal Indo Lampung, Kampung Astra Ksetra mengatakan, masyarakat diimbau untuk tidak panik.

"Kondisi jalan saat ini putus total tidak memungkinkan untuk dilalui, oleh karena itu bagi para pengendara agar putar arah menuju Gerbang Tol Menggala atau melalui Jalan Lintas Pantai Timur Bawang Latak," ucapnya, Kamis 9 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: