Jaga Stabilitas Harga Sembako, Ini yang Dilakukan Disperindag Lamtim

Jaga Stabilitas Harga Sembako, Ini yang Dilakukan Disperindag Lamtim

Disperindag Lamtim laksanakan stabilitas harga. Foto Dok --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus berupaya menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok. 

Terutama memasuki bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Iedul Fitri 1444 Hijriah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pengawasan terhadap harga dan stok bahan pokok di 9 pasar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamtim Verzanita menjelaskan, pengawasan harga dan stok kebutuhan pokok itu dilakukan setiap hari.

BACA JUGA:Edarkan Narkoba di Wilayah Batangharinuban, Pria Ini Diamankan Polisi

Menurutnya, hasil pengawasan dan pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok tersebut akan dilaporkan setiap hari melalui aplikasi Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Poko  (SP2KP)  yang dimiliki Kementrian Perdagangan.

"Dari pemantauan di Pasar Daerah menjelang Ramadhan terdapat kenaikan harga, tetapi tetap terkendali dan stock aman tercukupi," jelas Verzanita didampingi Kabid Perdagangan Arista, Rabu 22 Maret 2023.

Dilanjutkan, upaya lain yang telah dilakukan Dinas perindustrian dan Perdagangan Lamtim guna menstabilkan harga bahan pokok. Antara lain, melalui operasi pasar beras murah SPHP di 24 kecamatan yang bekerja sama dengan Perum Bulog.

Kemudian, pada bulan suci Ramadhan, Dinas Perindustrian dsn Perdagangan Lamtim juga akan melaksanakan operasi pasar murah di beberapa kecamatan. 

BACA JUGA:Empat Kali Masuk Penjara, Residivis Pengedar Sabu di Tanggamus Tertangkap Lagi

Rencananya, kegiatan itu bekerja sama dengan Bulog, PPN telur Lampung Timur dan beberapa vendor lainnya. "Kami berharap vendor dapat bekerja sama dengan Pemkab untuk mnyediakan bahan pokok yang lebih murah dari pasaran agar dapat membantu masyrakat Lamtim," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam rangka pengendalian inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar pasar murah di Pasar Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara, Jumat 30 Desember 2022 lalu.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, M Yusuf HR, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Verzanita Hasan, Kepala Bagian Perekonomian, Yati Nurhayati serta Forkopimcam Raman Utara. 

Dalam sambutannya Bupati Dawam menjelaskan, kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok, dengan harga yang terjangkau lebih murah dibandingkan dengan harga pasar pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: