Komplikasi TBC Bisa Sebabkan Kerusakan Sendi? Simak Penjelasan Berikut

Komplikasi TBC Bisa Sebabkan Kerusakan Sendi? Simak Penjelasan Berikut

Salah satu komplikasi yang ditimbulkan infeksi bakteri penyebab TBC adalah kerusakan pada bagian sendi. Ilustrasi/Pixabay.com--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – TBC atau tuberkulosis adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh penyebaran bakteri.

Bakteri yang menyebabkan seseorang menderita penyakit TBC adalah Mycrobacterium tuberculosis.

Selain menyerang paru-paru manusia, infeksi akibat bakteri ini juga dapat menyerang otak, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung hingga tulang belakang manusia.

Sebagai informasi, Mycrobacterium tuberculosis dapat menular lewat udara melalui air liur penderita TBC.

BACA JUGA: Perhatian! Menyebar Melalui Udara, Ini Kelompok Orang yang Mudah Terpapar TBC

Penularan bakteri penyebab TBC bisa terjadi ketika pengidapnya batuk, bersin, berbicara, tertawa atau bahkan bernyanyi.

Seperti yang diberitakan Radarlampung.co.id sebelumnya, penularan TBC sebenarnya tidak semudah layaknya penyebaran virus penyebab flu atau batuk.

Meski tak mudah, namun bakteri penyebab TBC ini dapat menyebar melalui udara.

Pada proses penularannya, bakteri penyebab TBC tersebut memang membutuhkan kontak yang cukup dekat dengan durasi lama di tempat yang sama dengan penderitanya.

BACA JUGA: 9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Nomor 8 Belum Banyak yang Tahu

Dalam hal ini bisa dicontohkan seperti tempat tinggal yang sama atau kantor dan dalam ruangan yang sama pula serta seringnya melakukan interaksi.

Sementara itu, tuberkulosis atau TBC bisa menimbulkan komplikasi yang fatal jika penderitanya tak segera melakukan pengobatan.

Bakteri penyebab TBC dapat merusak organ paru-paru penderitanya bahkan parahnya bisa menyebar ke oran lain yang ikut terinfeksi.

Dilansir Radarlampung dari laman halodoc.com pada Sabtu, 25 Maret 2023. Terdapat beberapa komplikasi yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC yaitu sebagai berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: