Ini 5 Syarat Utama yang Harus Dipenuhi Penerima Bansos PKH Tahap 2 Sebelum Pencairan

Ini 5 Syarat Utama yang Harus Dipenuhi Penerima Bansos PKH Tahap 2 Sebelum Pencairan

Pemerintah rencananya akan mencairkan bansos BPNT dan PKH tahap 2 bulan depan.--

BACA JUGA: CAIR BULAN RAMADHAN! Cek Penerima Bansos PKH 2023, Penerima BLT Dapat Rp3 Juta dan Cair di 3 Daerah Ini

Berdasar dengan data dari Kemensos, penyaluran bansos PKH hanya akan diberikan oleh masyarakat yang namanya sudah memenuhi syarat utama sebelum dana tersalurkan.

Lima syarat ini harus dipenuhi oleh para penerima bansos PKH agar bantuan dari pemerintah bisa disalurkan tepat sasaran sesuai dengan program pemerintah yang ingin memulihkan perekonomian Indonesia agar lebih baik, maju dan berkembang.

Salah satunya dengan adanya program bansos PKH yang hanya bisa diperuntukan masyarakat golongan KPM yang memenuhi syarat-syarat utama sebelum dana tersalurkan.

Lima syarat utama ini akan menjadi patokan bagi masyarakat lainnya yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima Bansos dari pemerintah salah satunya PKH.

BACA JUGA: Bansos BPNT dan PKH Cair Bulan Depan, Ini Kriteria Penting Tahap 2 yang Harus Dipenuhi KPM

Semakin banyak masyarakat golongan miskin yang mendapatkan bansos PKH dari Pemerintah menunjukkan program dalam membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat miskin atau kurang mampu berjalan tepat sasaran.

Pasalnya, di luaran sana masih banyak masyarakat yang ekonominya sulit tidak bisa merasakan manfaat dari program bansos karena tidak mendaftarkan diri.

Selain itu, bukan karena tidak mendaftar program bansos tapi juga karena tidak terpenuhinya syarat yang telah ditetapkan pemerintah dalam mengajukan pendaftaran program bansos.

Untuk itu, dengan adanya bansos PKH tahap 2 yang akan dicairkan bulan depan atau bertetapan dengan masa Ramadhan bisa meringankan pengeluaran biaya para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA: Mengenal Dawn Phenomenon: Gejala dan Pencegahan

Maka dari itu, sebelum dicairkan program manfaat bantuan PKH, masyarakat bisa melakukan pengecekan syarat-syarat utama apa saja yang harus dipenuhi sebelum bantuan disalurkan.

Berikut ini lima syarat utama yang harus dipenuhi para KPM sebelum dana bantuan PKH disalurkan oleh pemerintah.

1. Terdaftar namanya ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang masih aktif sampai pencairan Bansos PKH tahap 2.

Bila nama tersebut telah diusulkan menjadi penerima bansos pemerintah maka wajib hukumnya menenuhi syarat utama untuk masuk ke dalam daftar DTKS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: