PkM Fakultas Pertanian Unila Tingkatkan Nilai Tambah Telur Ayam Ras Melalui Pembuatan Telur Asin

PkM Fakultas Pertanian Unila Tingkatkan Nilai Tambah Telur Ayam Ras Melalui Pembuatan Telur Asin

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Demi meningkatkan nilai tambah telur ayar ras, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Pertanian membuat telur asin dari alat yang diciptkan sendiri.

Tim tersebut diketuai oleh Dr. Erdi Suroso, S.T.P., M.T.A. beranggotakan Dr. Ir. Tamrin, M.S. Dr. Teguh Endaryanto, S.P., M.Si, Dr. Ir. Tanto Pratondo Utomo, M.P., drh. Purnama Edy Santosa, M.Si, dan drh. Muhammad Mirandy Pratama.

Telur ayam layer atau dikenal sebagai telur ayam ras sering kali menghadapi masalah berupa fluktuasi harga telur yang terkait dengan jumlah produksinya yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah permintaannya. 

Data produksi telur ayam menurut data Kementerian Pertanian RI selalu mengalami surplus setiap tahun dengan produksi telur dalam empat tahun terakhir rata-rata meningkat 1 juta ton.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Ipar Sendiri, Akhirnya Menyerahkan Diri

Produksi telur dalam negeri tahun 2021 sekitar 5,15 juta ton. 

Dengan kebutuhan diperkirakan 4,95 juta ton, perhitungan pemerintah produksi telur di dalam negeri surplus sekitar 200 ribu ton.

Kelebihan produksi tersebut membuat harga telur sempat anjlok di bawah Harga Acuan Peraturan Menteri Perdagangan No. 7 Tahun 2020 sebesar Rp 19 ribu hingga 21 ribu/kg.  

Sejak Agustus 2021, harga telur cenderung menurun dan berada di bawah harga acuan Permendag rata-rata harga telur ayam ras di tingkat peternak hanya sebesar Rp 16.940/kg. 

BACA JUGA:Beraksi di 2 TKP, Tersangka Curat Mendekam di Jeruji Besi

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Lampung untuk mengatasi fluktuasi harga dan sekaligus surplus telur ayam layer antara lain adalah pembuatan telur asin. 

"Telur asin ayam layer adalah produk invensi Fakultas Pertanian Universitas Lampung melalui Program Konsorsium Patriot Pangan dengan pembiayaan Matching Fund Kedaireka TA. 2022 bersama mitra Koperasi Produsen PPN Lampung Sejahtera yang bergerak pada sektor budidaya ayam petelur," kata Erdi.

Tim FP Unila bersama mitra telah melakukan kegiatan pengabdian dengan tema “Peningkatan Nilai Tambah Telur Ayam Ras melalui Pembuatan Telur Asin "Ayam Layer" .

"Berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pengemasan telur asin kepada para peternak ayam layer binaan mitra di empat kabupaten berbeda selama periode Oktober hingga November 2022," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: