Ratusan Rumah Porak-Poranda Disapu Angin Puting Beliung

Ratusan Rumah Porak-Poranda Disapu Angin Puting Beliung

Angin puting beliung di Lampung Tengah--

RADARLAMPUNG.CO.ID. - Angin puting beliung menerjang Lampung Tengah, Senin 3 April 2023, sekitar pukul 16.00 WIB. Meskipun tak ada korban jiwa, ratusan rumah dan fasilitas umum di Kecamatan Seputihagung rusak berat dan ringan.

Kepala BPBD Lamteng Makmuri menyatakan pihaknya masih menginventarisasi kerusakan akibat puting beliung.

''Kita masih inventarisasi kerusakan. Sejauh ini tak ada korban jiwa. Namun ratusan rumah serta fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah rusak diterjang puting beliung," katanya via telepon.

Berdasarkan data sementara, kata Makmuri, di Kecamatan Seputihagung ada 212 rumah rusak.

BACA JUGA:Kopi Nako Jadi Favorit Masyarakat Lampung

"Di Kampung Gayausakti ada 158 rumah rusak, Kampung Mujirahayu ada 43 rusak, dan Kampung Donoarum ada 11 rumah rusak. Sedangkan di Kecamatan Waypengubuan dan Anakratu Aji belum kita inventarisasi," ungkapnya.

Hermanto, salah satu warga yang rumah rusak diterajang puting beliung, menuturkan ketika kejadian sedang dalam rumah.

"Saya kaget hujan deras tiba-tiba disertai angin kencang berwarna gelap. Ada suara gemuruh dan genting-genteng rumah beterbangan. Saya dan keluarga langsung keluar dari dalam rumah," ujarnya.

Peristiwa ini, kata Hermanto, begitu cepat. "Kaca mobil juga rusak dihantam gerobak etalase yang disapu angin. Warung bakso juga porak-poranda. Gardu PLN juga meledak hingga listrik padam," ujarnya 

BACA JUGA:Kapolsek Tabrak Pengemudi Motor Hingga Tewas

Kakam Gayausakti Maksum menyatakan kejadiannya begitu cepat. "Genteng-genteng berterbangan. Bahkan ada pohon besar menimpa rumah warga. Beruntung tak ada korban jiwa," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: