Puncak Arus Mudik Diperkirakan pada Kamis Malam, Pemudik Mulai Terlihat di Terminal Rajabasa

Puncak Arus Mudik Diperkirakan pada Kamis Malam, Pemudik Mulai Terlihat di Terminal Rajabasa

Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung : Suasana Pantau Mudik di Terminal Tipe A Rajabasa --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejumlah armada angkutan lebaran 2023 Hingga pukul 19.00 wib sudah mulai terlihat kelonjakan penumpang namun diprediksi puncak arus mudik pada Kamis malam 20 April 2023.

Untuk bus AKAP dari pukul 08.00 wib hingga pukul 19.00 wib untuk keberangkatan 6 bus dengan 88 orang penumpang. Sementara untuk bus AKAP Kedatangan 2 bus dengan 162 orang penumpang.

Sementara bus AKDP dari 08.00 wib hingga pukul 19.00 wib untuk keberangkatan 81 bus dengan 873 orang penumpang. Sementara untuk bus AKDP  kedatangan 76 bus dengan 836 penumpang.

"Jadi hingga pukul 19.00 wib ada total 87 bus keberangkatan dengan 961 orang penumpang. Sementara untuk total bus  Kedatangan 78 bus dengan 998 orang penumpang," Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Rajabasa, Marsusi kepada radarlampung.co.id pada hari Rabu 19 April 2023 malam.

Tidak hanya itu saja, Marsusi juga menginformasikan bahwa kesiapan pihak terminal mulai dari pemeriksaan fisik armada, Infrastruktur terminal, serta penyediaan posko pengamanan arus mudik. "Kami juga telah melakukan pemeriksaan fisik armada atau Ramp check bagi bus antar kota antar provinsi (AKAP) baik dengan pemeriksaan fisik kendaraan maupun administrasi," jelasnya.

Untuk penyediaan posko di Terminal Rajabasa sendiri dipersiapkan satu posko pengamanan dan satu posko pengamanan dan satu posko terpadu.

Marsusi  memprediksi puncak arus mudik idul Fitri 1444 H diperkirakan terjadi pada H-2 lebaran atau pada Kamis, 20 April 2023 Terminal Tipe A Rajabasa. "Untuk Volume kendaraan yang masuk ke Terminal Tipe A Rajabasa diprediksi puncak arus mudik pada Kamis malam, 20 April 2023," tambah Marsusi pada Rabu, 19 April 2023. 

Oleh sebab itu, Marsusi berpesan kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum. Sebaiknya, memilih armada bus yang sudah mendapatkan stiker tanda angkutan lebaran tahun 2023.

Untuk masyarakat pendatang atau pemudik yang akan berangkat ke kampung halamannya tetap menjaga protokol kesehatan. "Karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah tidak berlaku jadi kemungkinan terjadi pelonjakan pemudik.Tetap jaga protokol kesehatan,"ucap Marsusi.

Perwakilan Pemudik dari Tanggerang, Dita menyampaikan perjalanan bus dari lintas Darat dan laut lancar.  "Alhamdulillah berjalan lancar belum ada kemacetan apapun dijalan.Saya dari Tanggerang naik Bus Arimbi menuju merak, dari merak menuju bakau dengan Kapal Fery. Kemudian, dari Bakauheni ke Terminal Tipe A Rajabasa ia menyambung bus Puspa Jaya," ucap PNS Pajak Tanggerang, Kota Banten Jawa Barat ditemui radarlampung.co.id di Terminal Tipe A Rajabasa Pada Rabu petang.

Selain itu, Aiptu Bambang AW, Komandan Regu Pos Pelayanan Ops Krakatau Terminal Tipe A Rajabasa, menyampaikan bahwa Pos Pelayanan Terminal Rajabasa Ops Ketupat Krakatau Terminal Tipe Rajabasa berlangsung 14 hari (18 April sampai 1 Mei 2023) dengan menerjunkan 13 personel Polisi/TNI, 2 personel tenaga kesehatan, 4 orang perwakilan BPTD wilayah VI Bengkulu dan Lampung. "Tidak ada kriminalitas, puncak arus mudik diperkirakan Kamis malam," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: