DPRD Lampung Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Penganiayaan Dokter di Lampung Barat

DPRD Lampung Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Penganiayaan Dokter di Lampung Barat

Anggota Komisi V DPRD Lampung dr. Asih Fatwanita -FOTO DOK INSTAGRAM PRIBADI-

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Anggora Komisi V DPRD Lampung dr. Asih Fatwanita angkat bicara mengenai kasus dugaan penganiayaan terhadap dokter Puskesmas Fajar Bulan, Lampung Barat, dr. Carel  Triwiyono Hamonangan.

Diketahui, kedua pelaku sudah diamankan pada Senin 24 April 2023 adalah Adi Wirahman, warga Gg. Senen, Griya Arta Blok A1 Nomor 5 dan Misran Hadi, warga Gg. swadaya Vc, LK II Kelurahan Gunung Terang, Bandar Lampung.

Asih menegaskan dia mengecam keras tindakan yang terjadi terhadap rekan sejawatnya sesama dokter itu.

Karenanya, Asih meminta aparat penegak hukum agar mengawal dan mengusut tuntas persoalan ini.

"Tentu saya mengecam keras tindakan kriminal yang terjadi terhadap teman sejawat ini. Saya mohon dan minta pihak aparat penegak hukum untuk mengawal masalah ini sampai tuntas," tegasnya, Rabu 26 April 2023.

BACA JUGA:Dokter Puskesmas di Lampung Barat Dianiaya, Pelakunya Ternyata

Asih Fatwanita menegaskan, atensi ini dilakukan agar tidak terjadi hal serupa di kemudian hari. 

Dijelaskannya, kejadian ini tentunya memberikan efek traumatik terhadap tenaga kesehatan, khususnya dokter. Terlebih yang ditugaskan di tempat terpencil. 

"Karenanya saya kira aparat penegak hukum juga mengawal ini sampai tuntas. Sebab, ini juga memberi efek yang panjang. Efek traumatis bisa terjadi pada rekan-rekan sejawat. Efek traumatik muncul, apalagi dengan yang ditugaskan di daerah terpencil," katanya. 

Ditegaskannya, tentu dalam pelaksanaan tugasnya dokter melakukan tindakan sesuai SOP. Rasa traumatik lantaran tindakan kriminal terhadap tenaga medis dokter ini bisa berefek luas. 

BACA JUGA:Disdukcapil di Mesuji Tetap Buka, Puskesmas Kompak Tutup

Terlebih, kondisi Lampung saat ini masih kekurangan tenaga medis termasuk dokter. Di mana, rasio dokter umum saat ini 18,2/100 ribu jumlah penduduk. Sementara jumlah dokter umum di Lampung ada 1.651 orang dan domter spesialis 637 orang. 

"Kita sama-sama berdoa ke depannya bisa sama-sama kita dukung lah bagaimana tenaga medis ini bisa bekerja secara paling tidak, aman," katanya. 

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lampung mengecam keras terkait dengan kasus penganiayaan dr. Carel Triwiyono Hamonangan, dokter intership di Puskesmas Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, yang terjadi pada Sabtu (22/4/2023), dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Puskesmas Pajarbulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: