Pemkab Lampura Dorong Pelestarian Budaya dengan Festival Cangget Bagha

Pemkab Lampura Dorong Pelestarian Budaya dengan Festival Cangget Bagha

Wabub Lampura, Ardian Saputra saat memperagakan tari adat Lampung, dalam acara festival Cangget budaya--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pasca Lebaran Idul Fitri, 1444 Hijiriah, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mendorong pelestarian adat budaya Lampung dengan menggelar Festival Cangget Lebakhan (lebaran), yakni Cangget Bagha Mulei - Mekhanai (muda - mudi). 

Setelah sebelumnya di Kecamatan Muara Sungkai, dan Sungkai Utara, kini giliran di Kecamatan Sungkai Selatan, yang dipusatkan di Desa Kota Agung, yang dihadiri ribuan muda-mudi, Rabu malam, 26 April 2023.

Pantauan dilapangan, animo masyarakat dalam mengikuti pagelaran budaya adat masyarakat cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyak mereka yang hadir, tidak hanya dari desa sekitar melainkan daerah lain turut serta meramaikan festival "Cangget" pasca Idul Fitri 1444 H itu.

Cangget Bagha Mulei Mekhanai sendiri, bermakna mempertemukan perempuan dan laki - laki atau istilahnya muda - mudi dari berbagai desa agar dapat saling mengenal antara  satu sama lain. 

BACA JUGA:H+5 Lebaran, Kendaraan Arus Balik Lancar di Lampura

Seperti dikisahkan oleh Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) setempat, Panda Desiska Putra (Glr. Tn. Ratu Sidang). Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, kedepan bisa selalu terjalin tali silaturahmj dan kekeluarga antar masyarakat.

"Jadi intinya dari Cangget Bagha Muli - Mekhanai ini bertujuan dalam meningkatkan animo masyarakat, khusus pemuda pemudi untuk mengenal lebih jauh adat budaya Lampung yang kian hari semakin tergerus perkembangan zaman diera  modernisasi saat ini," ujarnya. 

Sehingga, kata dia, dengan adanya kegiatan itu diharapkan para pemuda - pemudi bisa terus belajar dan mengenal budaya Lampung yang mulai menghilang eksistensinya tersebut.

"Besar harapan masyarakat kegiatan dapat terus ditingkatkan, selain berimbas kepada persatuan dan kesatuan warga juga masalah kehidupan lain. Seperti ekonomi misalnya, seperti diutarakan oleh Wakil Bupati, Bapak Ardian Saputra," terangnya.

BACA JUGA:293 Personil Polres Lampura dan TNI Amankan Arus Balik

Disisi lain, Camat Sungkai Selatan, Riya Yuliza menyampaikan Cangget Bagha Mulei - Mekhanai kedepan akan dijadikan sebagai agenda tahunan disana. Sebab, selain bertujuan memperkenalkan kepada para pemuda - pemudinya juga berimbas kepada kepentingan masyarakat lain. Semisal ekonimi, seperti diharapkan pemerintah belakangan.

"Kita bisa saksikan sendiri, antusias pemuda pemudi disini begitu ramai agar adat budaya lampung bisa terus kita lestarikan. Dan kedepan coba akan kita masifkan kembali ini," tambahnya.

Tampak dalam keramaian, Wakil Bupati, Ardian Saputra bersama unsur Forkopimda dan Legislatif Provinsi tampak suka cita mengikuti prosesi tari - tariang dalam kegiatan itu. Mereka lenggak - lenggok mengikuti alunan musik gamelan suku Lampung dimainkan secara apik di sana. Disertai riuh penonton melihat penampilan pemimpinnya tersebut (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: