Go Internasional , Mahasiswa Sastra Inggris UTI Lolos Seleksi PPAN Provinsi Lampung 2023

Go Internasional , Mahasiswa Sastra Inggris UTI Lolos Seleksi PPAN Provinsi Lampung 2023

Foto UTI : Bagas Maulana--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kembali go Internasional

Kali ini, salah satu mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, yakni Bagas Maulana, lolos dalam seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Lampung Tahun 2023 untuk Program Singapore Indonesia (SIYLEP).

Bagas Maulana menjelaskan bahwa PPAN merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk meningkatkan diplomasi kepemudaan dan pemahaman lintas budaya.

Bagas Maulana sebagai mahasiswa semester VIII Program Studi Sastra Inggris Lolos sebagai perwakilan Provinsi Lampung setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung pada tanggal 4 Mei 2023 yang lalu.

BACA JUGA:Edisi Terbatas! Nilai Jual Uang Koin Rp 850 Ribu Berlapis Emas Capai Ratusan Juta

"Alhamdulillah, lolos dengan nilai akumulasi tertinggi diantara enam finalis laki laki yang berhasil masuk tahap seleksi wawancara,"ucap Bagas pada Radar Lampung pada hari Jumat, 12 Mei 2023.

Bagas menyampaikan bahwa ia melewati tes tertulis terlebih dengan menjawab soal-soal tentang isu terkini di Indonesia dan Internasional, serta tentang wawasan budaya dan pariwisata Lampung.

Ditahap wawancara, Bagas menyampaikan bahwa ia melewati empat pos  yakni  Pos Community Development. "Peserta mempresentasikan proyek sosial yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan apabila terpilih nantinya," kata Bagas.

Kemudian, ia mempresentasikan program yang berjudul cerita-cerita cemara yakni Pendidikan Lingkungan untuk anak anak usia sekolah dasar. Lalu, Bagas mengaku mendapat tantangan untuk menjawab bagaimana program tersebut berjalan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Pencak Silat dan Kesenian Tambur Iringi Pendaftaran Bacaleg Demokrat Lamtim

Pos Kedua yakni Seni Budaya, ia diberikan waktu sekitar 10 menit untuk mempresentasikan hasil kemahirannya dalam  bidang Seni seperti Fotografi, Kumpulan Cerpen dan Tari Bedana salah satunya Tarian Melayu dan Ternate.

Pos ketiga, Bagus mendapat ujian kemahiran dalam berdiskusi dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Pos Keempat, ia menjawab beberapa pertanyaan terkait pemahaman terhadap agama Pancasila, Karakter dan Kepribadian. 

Di sore harinya setelah menghitung jumlah nilai yang diperoleh dan kelengkapan berkas, Bagas dinyatakan lolos sebagai kandidat utama Singapore– Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP) mewakili Provinsi Lampung. 

Disadari Bagas, SIYLEP dan Program PPAN lainnya mencari anak muda di Provinsi yang secara bahasa Inggris mahir. "Alhamdulillah dengan Track Record Organisasi dan Social Project yang baik, mampu menampilkan seni dan memiliki Karakter Pemimpin Sesuai dengan Falsafah Pancasila," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: