Seluruh APK Caleg Dipasang di Pohon di Kota Metro Mulai Ditertibkan oleh Satpol PP Setempat

Seluruh APK Caleg Dipasang di Pohon di Kota Metro Mulai Ditertibkan oleh Satpol PP Setempat

Foto Blitz Mulai Marak : Baliho calon Presiden Anies Baswedan dan caleg-caleg DPR RI dari Partai Nasdem Lampung terpampang di Jalan Wolter Monginsidi, Telukbetung Utara, Bandarlampung, Kamis 20 Oktober 2022. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Metro mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari sejumlah Partai Politik (Parpol) yang terpasang di pohon penghijauan.

Kasat Pol-PP Kota Metro, Jose Sarmento mengatakan, pihaknya telah menertibkan beberapa APK dan atribut iklan yang dipasang di pohon penghijauan. Karena hal tersebut melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Metro nomor 9 tahun 2017 yang terkait Ketentraman, Ketertiban dan Keindahan Kota (K3).

"Kalau atribut caleg-caleg sudah ada yang kita tertibkan. Termasuk juga iklan-iklan," ujarnya.

Ia menuturkan, Satpol PP Kota Metro tentu akan mencopot adanya APK yang melanggar Perda di Kota Metro. Menurutnya, kebanyakan yang ditemukan itu APK milik caleg yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum.

BACA JUGA:Tragis! Motor Hilang Kendali, Dua Remaja Tewas Kecelakaan

"Sekarang ini kan belum ke kampenye, baru tahapan pengenalan caleg. Jika itu melanggar, ya kami tertibkan. Jadi nanti sebelum melakukan penetapan waktu kampanye, kami akan tertibkan yang melanggar demi keindahan Kota Metro," ujarnya.

Termasuk, lanjutnya, APK atau atribut caleg yang terpasang di fasilitas publik. Seperti di tiang listrik, tiang telepon dan juga pohon penghijauan.

Tak hanya itu, dalam penertiban yang dilakukan, Satpol-PP Kota Metro telah menemukan sejumlah APK yang diduga dipasang dengan sengaja pada sejumlah fasilitas publik.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat bukan hanya Caleg, untuk tidak memasang atribut di fasilitas umum. Di mana saja boleh, asal tidak di median jalan, badan jalan, fasilitas umum dan pohon penghijauan," jelasnya.

BACA JUGA: Perlu Tahu, Begini Cara Tips Memilih Hewan Kurban Bagi Pemula

Pihaknya berharap, masyarakat dan para caleg dapat ikut berperan  menjaga ketertiban,.keamanan, dan keindahan Kota Metro.

"Kami berharap, penertiban yang kami lakukan terhadap alat peraga kampanye tersebut, kedepannya kita bisa sama-sama menjaga keindahan dan kebersihan kota," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: