Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Uang Rupiah Kertas, Siapa Saja?

Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Uang Rupiah Kertas, Siapa Saja?

Bentuk pahlawan yang ada di uang kertas. Foto Pixabay--

Frans Kaisiepo lahir di Biak, Papua, 10 Oktober 1921, diangkat menjadi Gubernur Irian pertama karena sosoknya yang menentang dan melawan Belanda di Irian.

5. Sam Ratulangi

Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 590 Tahun 1961.

Sam Ratulangi dikenal sebagai pahlawan pendidikan, karena pada saat masa perjuangan, Sam Ratulangi sangat berupaya agar rakyat Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Sosoknya bisa kita lihat di uang Rupiah kertas pecahan Rp20.000. 

BACA JUGA:Kantongi Sabu, Warga Gunung Batin Diciduk Polres Tulang Bawang

6. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Pahlawan Nasional Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja diabadikan menjadi gambar utama di uang Rupiah kertas pecahan Rp50.000.

Beliau adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 14 Januari 1911.

Sosoknya dikenal karena mencetuskan konsep Deklarasi Djuanda pada tahun 1957. Dalam deklarasinya tersebut, laut Indonesia dan laut sekitar, diantara dan di dalam kepulauan Indonesia, adalah menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semenjak itu, keluarlah sebutan Negara Kepulauan dari konvensi hukum laut United Convention on Law of the Sea (UNCLOS). Dan membuat wilayah Indonesia lebih luas.

BACA JUGA:Kantongi Sabu, Warga Gunung Batin Diciduk Polres Tulang Bawang

7. Mohammad Hatta

Pahlawan Nasional Indonesia Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta ditetapkan sebagai gambar utama pada uang Rupiah kertas Indonesia pecahan Rp100 ribu, bersama dengan Ir Soekarno.

Mohammad Hatta merupakan adalah Wakil Presiden Indonesia yang pertama, bersama dengan Ir. Soekarno yang sama-sama dilantik pada 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: