Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Uang Rupiah Kertas, Siapa Saja?

Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Uang Rupiah Kertas, Siapa Saja?

Bentuk pahlawan yang ada di uang kertas. Foto Pixabay--

2. Mohammad Hoesni Thamrin

Pahlawan Nasional Indonesia Mohammad Hoesni Thamrin ada di uang kertas pecahan Rp2.000. Beliau adalah pahlawan yang memelopori Revolusi Kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Detik-detik Menegangkan Soekarno Tinggalkan Istana Merdeka jelang Supersemar Keluar

MH Thamrin diketahui merupakan salah satu tokoh organisasi dari Kaoem Betawi yang pertama kali menjadi anggota Volksraad saat itu.

Saat perang kemerdekaan, MH Thamrin merupakan orang yang selalu dicari oleh pemerintah kolonial Belanda, sebab ia sangat aktif memperjuangkan kemajuan warga pribumi. 

3. Dr. KH Idham Chalid

Dr. KH Idham Chalid bukan saja tokoh agama, namun dikenal sebagai tokoh Nahdlatul Ulama serta deklarator dan pimpinan Partai Persatuan Pembangunan. Karena itu, beliau dikenal sebagai guru politik untuk Nahdlatul Ulama.

KH Idham Chalid pun tercatat sebagai Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama dalam sejarah NU, yakni sejak 1956 hingga 1984 atau selama 34 tahun.

BACA JUGA:Simak, Ini Pesan Gubernur Lampung Kepada Para Bupati

Saat masa perjuangan, Idham Chalid adalah sosok yang mempertahankam Kemerdekaan Indonesia di Kalimantan.

Tahun 2011, KH Idham Khalid ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011 tanggal 7 November 2011. Saat ini sosoknya diabadikan di uang kertas pecahan Rp5.000.

4. Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo sebagai Pahlawan Nasional Indonesia ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 077/TK/1993, tanggal 14 September 1993. Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo bisa kita lihat di uang Rupiah kertas pecahan Rp10.000.

Pahlawan Nasional Indonesia Frans Kaisiepo adalah sosok yang sangat menentang pendirian Indonesia Timur oleh Belanda saat itu. Beliau pun merubah nama Netherland Nieuwe Guinea dengan IRIAN. IRIAN merupakan kependekan dari Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Siapkan Rp41 Miliar untuk Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: