Pemprov Lampung Komitmen Pastikan Keamanan Hewan Kurban Yang Dikonsumsi Masyarakat

Pemprov Lampung Komitmen Pastikan Keamanan Hewan Kurban Yang Dikonsumsi Masyarakat

Ada 1.116 orang petugas diturunkan untuk melakukan pengawasan Hewan kurban. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komitmen pastikan keamanan hewan kurban yang akan di sembelih dan konsumsi masyarakat, ada 1.116 orang petugas diturunkan untuk melakukan pengawasan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung, Lili Mawarti mengatakan, ditengah fenomena penyebaran virus LSD (Lumpy Skin Disease) pada hewan ternak ruminansia diperlukan pemantauan ketata. 

Pemantauan dilakukan pada tahap pendistribusian sehingga tidak terjadi penyebaran virus yang lebih luas dan hewan ternak di Provinsi Lampung dapat dinyatakan aman serta sehat.

Menghadapi Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 atau hari raya kurban, kata Lili Mawarti, pemantauan dan pengawasan hewan kurban di lakukan oleh dinas peternakan dan kesehatan hewan bersama pihak terkait.

BACA JUGA:Kecelakaan Lalu Lintas di Jalinbar Pringsewu Lampung, Dua Tewas dan Tujuh Luka

Pemantauan dan pengawasan yang dilakukan, mulai dari pemerintah lapak penjualan hewan kurban mulai dari H-7 sampai H-3 dimulai tanggal 22 Juni dan pemeriksaan ternak serentak dilakukan pada 26 Juni 2023.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan hewan kurban di masjid atau tempat pemotongan hewan dilaksanakan dari H-3 sampai H-1. 

Juga, pemantauan pemotongan dan distribusi di masjid dan TPH dilakukan dari H-1 hingga H+3.

Lili Mawarti juga menyarankan kepada masyarakat untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) setempat.

BACA JUGA:Hanya Emas Antam Yang Naik Harga? Cek Updatenya Hari Ini Rabu 28 Juni 2023

Lanjut Lili Mawarti, petugas pemeriksaan hewan kurban di Provinsi Lampung tahun 2023 sebanyak 1.116 orang.

Para petugas berasal dari gabungan instansi pemerintah dan akademik, yang terdiri atas Dinas Peternakan dan Kesawan Lampung, 15 dinas kabupaten/kota yang membidangi sektor peternakan.

Kemudian, Balai Veteriner Lampung, Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung, Universitas Lampung, Politeknik Negeri Lampung, dna Universitas Tulang Bawang.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, ketersediaan hewan kurban di Lampung cukup. Dimana, ada sekitar 21.817 ekor sapi, 646 ekor kerbau, 59.558 ekor kambing, dan 5.539 ekor domba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: