Iklan Bos Aca Header Detail

Doa Belajar Menurut Hadits Nabi. Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Doa Belajar Menurut Hadits Nabi. Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat.-Tangkap layar YouTube Adi Hidayat Official-

Yang artinya : “Ya Allah berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepada ku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkan ilmu pada ku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa api neraka”

UAH menerangkan ada 3 bagian yang menarik dalam doa yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tersebut.

BACA JUGA:Usai Berhasil Ditemukan, Jasad Mahasiswa KKN Itera Diserahkan ke Keluarga

Pertama Nabi mengajarkan kepada kita agar memohon kepada Allah SWT dalam setiap ilmu yang dipelajari, dan tentunya diberikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dari ikhtiar belajar kita itu selalu mengandung manfaat untuk kehidupan kita. 

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa asas kebermanfaatan dari pengetahuan yang didapati itu dipandang sangat penting dalam Islam.

Sebab, dikhawatirkan ada orang belajar, bertambah pengetahuan bahkan menjadi orang yang hebat, orang yang luar biasa, mudah memahami sesuatu tapi karena tidak ada keberkahan tidak ada asas manfaat dari pengetahuan itu. 

maka boleh jadi pengetahuan yang didapati alih-alih melahirkan kemaslahatan atau kebaikan justru mendatangkan bencana untuk banyak orang. 

BACA JUGA:Tradisi Dalam Pernikahan Suku Asmat Papua, Hewan Ini Bisa Jadi Mas Kawin

UAH kemudian memberi contoh, ada orang pintar di bidang ekonomi, luar biasa jenius, tapi karena tidak ada keberkahan dalam ilmunya maka kepintarannya digunakan untuk menghadirkan krisis dalam perekonomian.

Kemudian kedua yang terpenting juga wajib meminta dan memohon tambahan ilmu kepada Allah SWT berua beragam pengetahuan. 

Hal terebut kata UAH menjadi isyarat yang sangat terang kepada kita untuk selalu berikhtiar menambah literasi guna meluaskan wawasan.

“Tngkatkan terus, ingkatkan terus,” ucapnya. 

BACA JUGA:4 Hari Hilang, Mahasiswa KKN Itera yang Hanyut Berhasil Ditemukan

Sebab, lanjut Ustadz Adi Hidayat, Allah SWT telah memberikan kita manusia sebuah potensi serta kapasitas pengetahuan yang melebihi dari makhluk ciptaan lainnya.

Karena itu, Islam sangat mendorong ummatnya untuk menuntut ilmu dan memperdalamnya, sehingga dapat menguasai dalam bidangnya.

Kemudian, setelah ilmu dan manfaatnya didapat, maka mesti bersyukur kepada Allah SWT atas karunia yang biberikan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: