Pesan Wali Kota Bandar Lampung yang Ikut Bersihkan Sampah di Pantai Nelayan Payang: Tanggung Jawab Bersama

Pesan Wali Kota Bandar Lampung yang Ikut Bersihkan Sampah di Pantai Nelayan Payang: Tanggung Jawab Bersama

Walikota Bandar Lampung,Eva Dwiana bersama Forkompimda dan masyarakat turut angkut sampah. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Walikota Bandar LAMPUNG, Eva Dwiana bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) turut membantu mengambil sampah bersama warga di Pantai Nelayan Payang, Sukaraja Bandar LAMPUNG atau dikenal Pantai Sukaraja, pada hari Senin, 10 Juli 2023 pagi.

Terlihat ribuan warga memadati pantai sambil membersihkan pantai. Terlihat Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana didampingi Sekretaris kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan, Dandim 0410 Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S dan lainnya.

Usai memungut sampah, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana berterimakasih kepada komunitas/ generasi muda seperti Pandawara grup peduli lingkungan seperti kegiatan bersama membuang sampah. "Pantai ini merupakan tanggung jawab bersama," ucapnya Eva  pada Senin, 10 Juli 2023.

Lebih rinci, Eva mengatakan Pantai Seindah Pantai Bali kalau ada waktu kiriman sampah dari laut maka akan menumpuk sampah. "Begitu juga terjadi di pesisir pantai di Bandar Lampung," jelas Eva.

BACA JUGA:Jangan Tinggalkan Budaya Masyarakat Pesisir

Eva juga mengatakan sampah di pesisir pantai ini sudah terjadi puluhan tahun merupakan kiriman dari lautan ke bibir pantai ataupun terjaring nelayan usai melaut. "Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan," ucapnya.

Senada dengan Eva, Dandim 0410Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S dan lainnya mengajak masyarakat termasuk generasi muda untuk peduli lingkungan terutama buang sampah pada tempatnya. "Ayo kita bersama bersama bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan. Saya aja kalau terlihat sampah didekat saya langsung angkat. Jadi Jalan dimana aja ada sampah angkat," pintanya.

Saat membersihkan pantai Nelayan Payang Sukaraja Bandar Lampung pada Senin, 10 Juli 2023 pagi, masyarakat mengevakuasi kayu sekitar 5 meter.

Dari data yang dihimpun, masyarakat sekitar pantai nelayan payang, Pantai ini memang sudah menumpuk sampah namun secara berkala dibersihkan. "Iya seiring sampah datang dari kiriman arus laut menuju Pantai, tapi kadang ada petugas secara berkala membersihkan," ucapnya.

BACA JUGA:Hari Ini Operasi Krakatau Dimulai, Pelanggar Lalu Lintas Siap-siap Ditilang

Dari data yang dihimpun, wilayah pembersihan pantai Pesisir Bandar Lampung juga pernah dilakukan  tahun 2019 di Pantai Karbati, Panjang Utara Bandar Lampung.

Suasana hujan lebat menemani masyarakat program bersih bersih Pantai Nelayan, Jalan Ikan Selar Sukaraja, Bandar Lampung pada Senin, 10 Juli 2023. 

Terlihat ada pakai topi, payung, dan yang Tampa pelindung kepala mereka antusias membersihkan sampah pantai.

Rina salah satu warga Rajabasa Bandar Lampung, mengatakan penasaran dan ikut membantu bersihkan Pantai dari sampah karena viral. "Saya sama teman teman sengaja lagi lagi kesini penasaran karena pantai viral karena tumpukan sampah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: