Dikabarkan Oknum PNS Pemalsuan Dokumen saat PPDB SMA , Ini Langkah Diambil Walikota Bandar Lampung

Dikabarkan Oknum  PNS Pemalsuan Dokumen saat PPDB SMA , Ini Langkah Diambil Walikota Bandar Lampung

Foto Humas Pemkot Bandar Lampung : Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana --

BACA JUGA:Berlibur ke Bangka Belitung? Cicipi 6 Makanan Khas yang Lezat Tiada Tanding

"Dari hasil penelusuran oleh sekretaris kota, pemalsuan dokumen kependudukan dilakukan oleh satu orang oknum PNS yang bertugas di salah satu organisasi perangkat daerah," ucap Eva.

Eva pun mengatakan selalu menghimbau petugas dibagian pelayanan kependudukan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami tidak henti henti memberitahu, tolong pelayanan kepada masyarakat, berikan yang terbaik, namanya identitas ini sangat penting bagi mereka," jelas Eva.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung Iwan Gunawan mengatakan bahwa, oknum ASN yang terlibat dalam pemalsuan identitas tersebut sedang dalam proses pemberian sanksi.

BACA JUGA:Tahun Ini, Tim Cyber Sudah Melaporkan 41 Situs Judi Online

"Sudah kami proses, saat ini sedang dirapatkan sanksi apa yang akan diberikan kepada yang bersangkutan," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa oknum tersebut merupakan seorang PNS di salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Bandarlampung.

"Kalau dia PNS itu kan sanksinya ada dari ringan, sedang dan berat, dari teguran hingga pemecatan, maka itu sekarang kami sedang mengkajinya untuk tentukan hukumannya," kata dia.

Diketahui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung menemukan, ada puluhan masyarakat yang melakukan kecurangan dalam data kependudukan pada saat pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA jalur zonasi di tahun ajaran 2023.

BACA JUGA:Ini yang Dilakukan Pemkab Lampung Timur Terhadap PMI yang Meninggal di Taiwan

Dimana terdapat salah satu pendaftar mengubah surat persyaratan yabg seolah-olah ada perbaikan dari Disdukcapil Kota Bandarlampung, yang mana, kemudian pihak sekolah mengkonfirmasinya. Setelah dicek memang ada oknum yang mencoba merubah rekomendasi tersebut supaya anaknya bisa masuk sekolah tersebut.

Sebagai infomasi, hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Bandar Lampung belum menemukan kecurangan dalam data kependudukan untuk PPDB SMP pada Jalur Zonasi sampai hingga saat ini belum ada yang melapor ke pihaknya.

Kepala Disdukcapil Bandar Lampung, Febriana, menyampaikan kecurangan dalam data kependudukan untuk PPDB SMP pada Jalur  Zonasi sampai saat ini belum ada yang melapor ke pihaknya.

Masih kata Febriana, PPDB SMA telah usah berlangsung dimana memang terdapat kecurangan. Ia menemukan ada puluhan masyarakat yang melakukan kecurangan dalam data kependudukan pada saat pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA jalut Zonasi di tahun ajaran tahun 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: