Terungkap, Diduga Ini Penyebab AKBP Kurniawan Ismail Batal Jadi Kapolres Lampung Selatan

Terungkap, Diduga Ini Penyebab AKBP Kurniawan Ismail Batal Jadi Kapolres Lampung Selatan

AKBP Kurniawan Ismail merupakan sosok Perwira Menengah (Pamen) Polda Lampung yang tidak jadi menjabat sebagai Kapolres Lampung Selatan. Foto Dok [email protected]

RADARLAMPUNG.CO.ID - AKBP Kurniawan Ismail yang sebelumnya ditunjuk sebagai Kapolres Lampung Selatan tiba-tiba langsung dicopot sebelum sertijab sontak mengundang tanda tanya.

Namun meskip dari pihak Polda Lampung tak ada yang mau berkomentar kenapa Kurniawan dinon-job-kan menjadi Pama Yanma Mabes Polri, sedikit demi sedikit mulai terkuak.

Dari penelusuran Radar Lampung, Kurniawan dinon-job-kan untuk evaluasi jabatan terkait pengaduan masyarakat soal terduga pencuri kambing yang tewas setelah ditangkap dalam keadaan sehat.

Di mana dalam kasus tersebut, Kapolres Lampura ini bersama Kasatreskrim AKP Eko Rendi Kurniawan dilaporkan ke Propam Polda Lampung dan Propam Mabes Polri dengan Nomor SPSP2/589/II/2023/Bagyanduan juga ditujukan ke Kadiv Propam Mabes Polri.

BACA JUGA:Daftar Kajari yang Digeser Berdasar Mutasi Kejaksaan Terbaru

Fabian Boby, eks kuasa hukum keluarga almarhum Firullazi (42), meyakini 99,9 persen Kurniawan dinon-job-kan terkait laporannya kala itu.

"Iya. Setelah dapat informasi itu, saya berkeyakinan terkait laporan ke Propam Mabes Polri. Keyakinan saya 99,9 persen," katanya.

Pasalnya, kata Boby, beberapa hari yang lalu ada yang menelpon dirinya minta bantuan terkait kasus yang pernah dilaporkan ke Mabes Polri.

"Saya bilang ke mereka. Saya nggak bisa bantu karena bukan kuasa hukum lagi keluarga almarhum Firullazi," ujarnya.

BACA JUGA:Bukannya Sehat, Makan Tauge dengan Cara seperti Ini Bisa Berujung di Rumah Sakit

Boby menyatakan, perkara tersebut juga sudah dilaporkan ke Menkopolhukam dan Komnas HAM. ''Mungkin hal itu sampai ke tangan Kapolri," ungkapnya.

Terkait kasus itu yang tidak ada ending kejelasan, Dirreskrimum Polda Lampung Kombespol Reynold Hutagalung menyatakan masih tahap penyelidikan. "Masih proses lidik," ujarnya.

Informasi yang diperoleh dari lingkungan Polda Lampung juga menyatakan Kurniawan dicopot sebelum sertijab tak ada kaitannya dengan kasus tiga oknum Polres Lamsel yang tersangkut masalah narkoba. 

Diketahui, tewasnya Firullazi (42), warga Desa Tanjungseteko, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Indralaya, Sumatera Selatan, jadi pertanyaan besar pihak keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: