Mengenal Sejarah Seni Melipat Kertas Origami dari Jepang, Pasti Anda Pernah Membuat Bangau?

Mengenal Sejarah Seni Melipat Kertas Origami dari Jepang, Pasti Anda Pernah Membuat Bangau?

Seni melipat kertas Origami-Pixabay.com @padrinan-

Selama berabad-abad, origami menjadi populer di kalangan rakyat jelata dan menjadi hiburan yang populer di kalangan anak-anak.

Pada abad ke-20, origami semakin dikenal di luar Jepang melalui buku-buku panduan dan demonstrasi oleh seniman origami terkenal.

2. Teknik Origami

Teknik dasar dalam origami adalah melipat kertas secara hati-hati dengan pola lipatan tertentu untuk membentuk berbagai bentuk, seperti hewan, bunga, bintang, dan banyak lagi.

BACA JUGA:Pemprov Bahas Usulan Pj Bupati Tanggamus, Ini Bocoran Kisi-kisi Sosok yang Akan Dilantik

Kertas origami biasanya berbentuk persegi dan sering kali berwarna ganda, dengan satu sisi berwarna dan satu sisi putih.

3. Makna Origami

Dilansir dari berbagai sumber, makna dari seni Origami, antara lain :

- Kreativitas

Origami adalah bentuk seni yang memungkinkan ekspresi kreativitas. Melipat kertas menjadi berbagai bentuk dan figur merupakan proses kreatif yang membebaskan imajinasi dan memungkinkan seseorang untuk mengungkapkan ide dan perasaan melalui karya tangan mereka.

- Ketelitian dan Disiplin

Origami membutuhkan ketelitian dan disiplin. Proses melipat kertas memerlukan kesabaran, ketepatan, dan kecermatan dalam mengikuti pola lipatan yang diberikan. Ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan keterampilan motorik halus.

BACA JUGA:Keren! Deretan Alumni Unila Berikut Ini Sukses Menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Tulang Bawang

- Pengendalian Diri

Origami dapat membantu mengembangkan pengendalian diri. Proses melipat kertas yang memerlukan ketekunan dan kesabaran mengajarkan tentang kegigihan dan kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi tantangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: